Fungsi RAM Pada Android

Posted by resrsr on Tuesday, December 11, 2012

RAM Pada Android - Random Access Memory merupakan sebuah komponen dalam komputer (desktop dan netbook) yang berfungsi menyimpan intsruksi program sementara. Bentuk fisik RAM pada komputer akan sama saja, tergantung jenis RAM. Jenis RAM saat ini yang penulis ketahui adalah DDR, DDR II, dan yang terbaru DDR III. Untuk kapasitas, RAM mempunyai varian 125MB, 250MB, 512MB, dan juga 1GB. Itu adalah RAM pada komputer. Lalu apa bedanya dengan RAM pada smartphone? Berikut ulasanya.

Apa Fungsi RAM Pada Ponsel Smartphone Android ?

Smartphone adalah handpone pintar. Pintar berarti handphone ini memiliki kemampuan komputasi layaknya komputer personal (PC). Karena juga merupakan sebuah komputer, maka komponen-komponen penyusunya mempunyai persamaan. Smartphone juga tersusun dari processor, RAM, dan juga media penyimpanan. Lalu apa fiungsi RAM pada smartphone?

Fungsi RAM Pada Android Smartphone


Ram pada smartphone ANdroid berfungsi menerima dan menerjemahkan perintah. Jika pada suatu waktu RAM dalam kondisi penuh (misal Opera membutuhkan 500 kb untuk beroprasi, dsb), smartphone Andoid akan tesa lambat (lemot). Akibat yang lebih jauh lagi adalah smartphone tersebut bisa mengalami hang, atau kerusakan sistem. 
Prinsip kerja RAM Android sama seperti RAM pada komputer pada umumnya, yaitu untuk buffering instruksi program sebelum program diproses oleh processor. Jadi kesimpulanya, semakin besar RAM semakin banyak instruksi program yg bisa ditampung dalam satu waktu, sehingga menyebabkan pemrosesan kode-kode program lebih cepat.

Efek Fungsi RAM Pada Android

Jika fungsi pemakaian RAM tidak dimanfaatkan dengan maksimal, bisa jadi smartphone Anda akan terasa sangat lemot sekali. Bisa diasumsikan seperti jalan aja, kalau jalan semakin lebar dan besar maka kendaraan yg lewat dalam satu waktu lebih bisa banyak daripada kalau jalannya sempit.
Perhatikan disini, RAM hanya berfungsi sebagai buffering. Sedangkan komponen yang mengeksekusi instruksi itu adalah processor. Saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, memori akan menyimpan banyak informasi. Jika ternyata perintah-perintah tadi tidak terlaksana, kemungkinan akan terjadi crash dan kegagalan sistem ujian online.
Judul: Fungsi RAM Pada Android
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)