Cara Membuat Web Server Di Ubuntu Server

Posted by resrsr on Monday, December 17, 2012

Membuat Web Server - Ubuntu adalah salah satu distro linux yang paling populer penggunaanya. Linux sendiri sudah menjadi teknologi yang tidak diragukan lagi kehandalannya untuk menjadi sebuah server komputer. Pada artikel kali ini, Materi Informatika mencoba menjelaskan tentang step by step dalam membuat web server menggunakan Ubuntu Server 11.4. Sudah siap? Mari kita kemon.

Membuat Web Server Di Ubuntu Server 11.4 

Untuk tutorial membuat web server dengan Ubuntu ini, kita akan menggunakan Ubuntu Server versi 11.4. Asumsinya, komputer sudah siap dengan OS yang dibutuhkan, dan siap untuk disetting. Jadi ini bukan tutorial untuk menginstal Ubuntu Server ya, hehe. Seperti kita ketahui, dalam sistem operasi Linux, kita akan sering menggunakan interface command line untuk urusan setting ini. Nah mati kita mulai.

1. Instal Apache Web Server .


Pertama login sebagai root dan install dulu web server apache, ketikkan perintah dibawah ini  :

# sudo apt-get install apache2  

2. Instal Database Server

Sebuah web server pastinya memiliki database server. Dan untuk server kita ini, kita akan menggunakan MySQL. Install database server MySQL dengan perintah:

# sudo apt-get install mysql-server  

3. Instal PHP 

Untuk keperluan pemrograman web, kita menggunakan PHP. Instal php untuk apache menggunakan perintah dibawah ini :

# sudo apt-get install php5 

4. Instal MySQL untuk Apache

MySQL ini untuk keperluan si Apache web server. Install mysql untuk apache menggunakan perintah :

# apt-get install libapache-mod-acct-mysql  

5. Instal Modul PHP MySQL

Untuk bisa berkomunikasi dengan MySQL, si PHP juga membutuhkan modul MySQL. Install php modulnya  menggunakan perintah :

# apt-get install php5-mysql

Cek Server Setelah Membuat Web Server Di Ubuntu

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, seharusnya saat ini server kita sudah siap. Silahkan tes, apakah web server kita sudah tersintal dengan sukses atau belum. Bagaimana caranya? Web server adalah server untuk web, maka buka browser, dan ketikkan ip web server tersebut. Jika sukses, akan muncul tulisan yang sangat sederhana namun melegakan: it's work.

Menginstal PHPMyAdmin Untuk Web Server Ubuntu

Web server pada industri perhostingan biasanya menyediakan layanan interface MySQL berbasis web. Ya, jika Anda menebak bahwa saya sedang membicarakan PHPMyAdmin, Anda memang berbakat menjadi peramal. Langkah selanjutnya adalah menginstal phpMyAdmin dengan cara ketik perintah  :


# sudo apt-get install phpmyadmin


Setelah berhasil di instal. silahkan coba akses ke http://ip_server/phpmyadmin. Jika berhasil, interface PHPMyAdmin yang familiar itu akan tampil. Berarti tugas Anda sudah berhasil, dan membuat web server pada Ubuntu telah sukses.
Selanjutnya, untuk menaruh data web kita, secara default akan diletakkan di /var/www/. Untuk data databasenya secara default terletak di /var/lib/mysql/.

Demikian tutorial membuat web server, semoga bermanfaat :D.
Judul: Cara Membuat Web Server Di Ubuntu Server
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)