Artikel Jurnal Ilmiah

Posted by Seto El Kahfi on Wednesday, December 19, 2012

Artikel Jurnal Ilmiah - Tahukah Anda bahwa untuk dapat lulus dari sebuah perguruan tinggi di Indonesia, mahasiswa harus menuliskan artikel karya sendiri dalam bentuk jurnal ilmiah? Hal ini sudah diumumkan oleh pemerintah berdasarkan surat edaran tanggal 27 Januari 2012. Hal ini dimaksudkan supaya kualitas lulusan perguruan tinggi di Indonesia lebih bermutu. Namun, ironisnya banyak mahasiswa perguruan tinggi - khususnya swasta - yang tidak mengetahui dan bahkan mungkin belum pernah mendengar apa itu artikel jurnal ilmiah. Kualitas dan kebiasaan membaca yang kurang menjadi salah satu sebab ironi tersebut. Bagaimana bisa membuat sebuah artikel jurnal ilmiah, kalau untuk membaca jurnal ilmiah pun belum pernah?

Artikel Jurnal Ilmiah

Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah

Artikel jurnal ilmiah adalah sebuah artikel yang penyusunannya dimaksudkan untuk memberi kontribusi atau peranan terhadap sebuah teori dan penerapannya. Pada intinya, sebuah jurnal ilmiah akan terdiri dari bagian-bagian seperti Judul, Abstrak, Pendahuluan, Bahan dan metode, Hasil, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar pustaka. Kualitas artikel dan subjek penelitian sangat diutamakan. Sehingga sebuah artikel jurnal ilmiah umumnya memiliki kualitas yang sangat tinggi. Kualitas ini dinilai baik dari tata bahasa maupun dari isi jurnal itu sendiri. Jika anda menginginkan contoh artikel jurnal ilmiah dapat menggunakan link download jurnal internasional, atau contoh jurnal ilmiah.

Apa Itu Artikel Jurnal Ilmiah?

Jurnal ilmiah adalah sebuah jurnal akademik di mana penulis (umumnya peneliti) mempublikasikan artikel ilmiah yang biasanya memberikan kontribusi terhadap teori atau penerarapan ilmu. Untuk memastikan kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel biasa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagai peer review (review oleh orang-orang yang lebih berkompeten). Terdapat berbagai jurnal ilmiah yang mencakup semua bidang ilmu, baik ilmu alam maupun ilmu sosial. Penerbitan dalam bentuk artikel ilmiah biasanya lebih sering untuk bidang ilmua alam maupun kedokteran dibandingkan dengan bidang akademik lain.

Berdasarkan versi lain, jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk majalah yang berisi bahan ilmiah yang diterbitkan untuk orang-orang dengan minat khusus (misal: matematika). Awalnya jurnal dalam bentuk buku, namun seiring berkembangnya teknologi informasi, jurnal kini diterbitkan dalam bentuk elektronik, atau lebih dikenal dengan nama e-Journal. Jurnal biasanya diterbitkan 2-3 kali dalam setahun, berapa jurnal besar biasanya bisa lebih.
Artikel Jurnal Ilmiah

Mengakses Artikel Jurnal Ilmiah

Di Indonesia jurnal ilmiah cenderung sulit diakses, karena memang budaya membaca memang belum tinggi, apalagi teks ilmiah. Oleh kare itu, saya pernah membagikan link download jurnal ilmiah gratis dan link download jurnal ilmiah matematika gratis. Kebanyakan memeang link yang saya berikan bersumber dari luar, karena di luar negeri penulis jurnal umumnya dibayar sangat tinggi.

Karakteristik Artikel Jurnal Ilmiah

Umumnya jurnal ilmiah  memiliki aspek perkembangan ilmu, bukan artikel ilmiah biasa. Seleksinya pun cenderung sangat ketat, apalagi jurnal internasional. Jurnal memiliki cakupan materi yang luas namun sangat padat, hanya 6-8 halaman, namun setiap kalimatnya bernilai ilmu pengetahuan. Jurnal bersifat sangat efektif, tidak memuat gambar atu tabel. Untuk jurnal matematika, umumnya banyak teori rumus dasar yang tidak ditulis, sehingga hanya orang-orang yang sebidang yang dapat memahami isi dari jurnal ilmiah tersebut.

Tujuan Penulisan Jurnal Ilmiah

Keterbatasan produksi atau penerbitan jurnal ilmiah mendasari kebijakan pemerintah ini. Karena jumlah produksi yang terbatas ini, sangat diharapkan sasaran pembaca adalah ilmuwan dalam bidang ilmu yang tepat, sehingga akan bisa diteruskan oleh penerus penelitian tersebut. Juga hal ini untuk mencegah judul jurnal yang sama atau duplikasi jurnal ilmiah.
Manfaat lainnya juga agar penelitian sejenis bisa saling bekerja sama dan saling menjadi acuan, karena IPTEK akan berkembang sangat pesat. Ilmuwan diharapkan dapat bekerjasama dengan baik.  jika para ilmuwan bekerjasama dengan baik. Selain itu jurnal ilmiah adalah suatu upaya memasyarakatan IPTEK.

Menulis Artikel Jurnal Ilmiah

Menulis jurnal ilmiah bukan merupakan pekerjaan yang mudah, namun juga tidak serumit membuat roket. Kuncinya adalah seringnya berlatih menulis jurnal. Jika Anda sudah mempunyai artikel yang layak untuk dijadikan jurnal, silahkan ikuti tip dibawah ini:
  1. Mengamati isi suatu jurnal, untuk mengatuhi apakah artikel kita sesuai 
  2. Mendonload/ membuat template jurnal tersebut, 
  3. Menulis artikel yang sesuai dengan gaya jurnal tesebut.

Tips Lolos Artikel Jurnal Ilmiah

Tidak semua artikel jurnal ilmiah yang mahasiswatulis akan masuk dalam terbitan ilmiah secara berkala. Ada aturan-aturan yang menjadi syarat untuk lolos atau tidaknya sebuah artikel jurnal ilmiah. Aturan-aturan tersebut meliputi:
  • Lingkup ilmu yang menjadi pembahasan jurnal ilmiah, 
  • Panduan pengetikan, yang meliputi layout jurnal dan juga typhografinya.
  • Dan yang tidak kalah pentingnya adalah kualitas, yang merupakan inti dari penilaian sebuah artikel jurnal imliah.

Demikian tadi beberapa hal, yang saya ketahui mengenai apa itu jurnal ilmiah, saya harap anda semakin memahami apa itu jurnal ilmiah, bagi anda yang memiliki tulisan tentang apa itu jurnal ilmiah, mohon kiranya sudi berkomentar di bawah ini, untuk berbagi ilmu.
Judul: Artikel Jurnal Ilmiah
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto El Kahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)