Komponen CPU (Central Processing Unit) Pada Sistem Komputer

Posted by Seto Elkahfi on Wednesday, December 5, 2012

Komponen CPU - Berbicara tentang komponen CPU, asumsi kebanyakan orang adalah komputer itu sendiri: sebuah casing berbahan plat logam yang didalamnya terdapat semacam papan sirkuit elektronik yang menampung komponen-komponen elektronik yang lebih kecil, yang dari beberapa bagiannya mencuat kabel-kabel warna-warni yang menghubungkannya ke beberapa bagian-bagian lain yang masih menempel pada casing tersebut. Tidak salah, namun kaprah. Namun itulah fakta yang terjadi pada kebanyakan orang. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan CPU pada artikel ini?

Pengertian dan Komponen CPU

Yang dimaksud CPU dalam artikel Materi Informatika ini adalah processor, sebuah benda kecil seukuran biskuat (mungkin lebih kecil lagi) yang menjadi otak dari sebuah komputer. Inilah bagian komputer yang berfungsi untuk "berpikir", layaknya otak dalam sistem tubuh manusia. Pada artikel kali ini, Materi Informatika akan membahas komponen CPU dan fungsi-fungsinya. Mari kita mulai dengan gambar di bawah ini.

Komponen CPU (Central Processing Unit) Pada Sistem Komputer
Gambar di atas menjelaskan komponen-komponen CPU dan alur data yang bergerak di dalamnya. Komponen-komponen itu adalah Unit Kontrol, Registers dan juga ALU. Apa pengertian ketiga komponen CPU tersebut?

Komponen-komponen CPU

Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut:

Unit Kontrol - Komponen CPU

Bagian inilah yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
  • Mengatur dan mengendalikan alat-alat masukan (input) dan keluaran (output).
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
  • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama.

Registers - Komponen CPU 

Bagian ini merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

ALU (Arithmetic Logical Unit) - Komponen CPU

Adalah unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.
Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).

CPU Interconnections - Komponen CPU

Adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.

Cara Kerja Komponen CPU

Berikut ini adalah gambaran cara kerja CPU secara sederhana :
  1. Ketika data/ instruksi dimasukkan ke processing device, data/ instruksi tersebut ditampung oleh Control Unit/ Unit Kontrol.
  2. Apabila Register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit/ Unit Kontrol akan mengambil data/ instruksi tersebut.
  3. Jika berdasarkan instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah aritmatika & logika, maka ALU/ Aritmatik Logical Unit akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar data/ instruksi yang ditetapkan.
  4. Apabila pengolahan/ pengerjaan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan untuk kemudian ditampung oleh Output Storage
  5. Di Output Storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke Output Devices
Judul: Komponen CPU (Central Processing Unit) Pada Sistem Komputer
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)