Perintah Dasar Linux - Statement IF

Posted by Seto Elkahfi on Tuesday, February 28, 2012

Logo-Linux
Statement IF
Seperti halnya Pascal, dalam C++ IF juga digunakan untuk menyatakan pernyataan kondisional (bersyarat). Sintaks sederhana C++ IF adalah:
if (kondisi) statement;
Statement pada sintaks di atas akan dilakukan jika kondisinya bernilai TRUE (tidak sama dengan nol). Apabila statement yang akan dilakukan lebih dari satu, maka sintaksnya menjadi
if (kondisi) {
statement1; statement2; ..}
Contoh sederhana penggunaan IF adalah untuk menentukan boleh tidaknya seseorang melihat film bioskop. Seseorang diperbolehkan menonton jika usianya 17 tahun ke atas. Berikut ini program C++ nya:
#include <iostream.h> #include <conio.h> void main() { int usia; clrscr(); cout << Berapa usia Anda :  cin >> usia; if (usia < 17) cout << Anda tidak boleh menonton bioskop; }
Statement IF juga dapat ditambahkan ELSE sebagai konsekuensi alternatif jika kondisi tidak dipenuhi (FALSE). Sintaksnya:
if (kondisi) { statement1; statement2; . . } else { statement1; statement2; }
Anda dapat modifikasi program C++ untuk menentukan boleh tidaknya seseorang menonton bioskop seperti di bawah ini:
#include <iostream.h> #include <conio.h> void main() { int usia; clrscr(); cout <<Berapa usia Anda :  cin >> usia; if (usia < 17) cout << Anda tidak boleh menonton bioskop; else cout << Anda boleh menonton bioskop; }
Untuk menyatakan kondisi (syarat) yang akan dicek pada IF, Anda dapat menggunakan operator logika dan operator relasional seperti yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya. Perhatikan contoh di bawah ini!
if ((a >= 2) && (b == 3)) { . . }
Jangan Anda tuliskan
if (a >= 2) && (b == 3) { . . }
atau
if ((a >= 2) && (b = 3)) { . . }
Perintah b = 3 merupakan assignment bukan relasional.
Catatan penting: C++ selalu memperlakukan nilai tidak sama dengan nol sebagai TRUE dan nilai nol sama dengan FALSE. Oleh karena itu, dua perintah di bawah ini adalah identik.
if (bil % 2 != 0) cout << Bilangan ganjil; if (bil % 2) cout << Bilangan ganjil;
Selain itu, IF juga dapat berbentuk seperti di bawah ini.
if (kondisi1) statement1; else if (kondisi2) statement2; else if (kondisi3) statement3; .. else statement;  
Judul: Perintah Dasar Linux - Statement IF
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)