Sejarah UNIX Dibalik Sistem Operasi Linux - Sejarah Linux

Posted by Seto Elkahfi on Friday, February 24, 2012

Sejarah UNIX - UNIX menjadi sebuah OS yang menginspirasi Linus Torvalds untuk menciptakan sistem operasi yang ringan namun powerful. Lahirlah Linux pada tahun 1991, sekitar 20 tahun dari kelahiran UNIX. Bagaimana sejarah UNIX sebenarnya? Mari kita bahas tuntas sejarah UNIX, sampai dengan proyek Linus Torvalds yang paling sukses.

Ken Thomson Si Pembuat UNIX

Ken Thompson
Ken Thompson dari laboratorium Bell membuat versi awal dari sejarah UNIX dengan nama UNICS (UNIplexed Information and Computing service), suatu nama yang dipengaruhi oleh system operasi pendahulunya, MULTICS (multiplexed Information and Computing Services). MULTICS sendiri juga diciptakan oleh Ken Thompson dan rekan-rekannya. Versi pertama unix diselesaiakan pada tahun 1969,ditulis dengan bahasa rakitan (assembly) pada komputer PDP-7 (sebuah komputer keluaran Digital equipment Corporation). Pada tahun 1973, Ken Thompson dan Dennis Ritchie menulis ulang kernel - bagian inti dari system UNIX - dengan bahasa C. Perkembangan inilah yang membuat UNIX kini dapat diterapkan pada pelbagai mesin, mengingat C adalah bahasa yang portable (mudah dipindahkan).

Dennis Ritchie Juga Membantu Pembuatan UNIX


Dennis McAllister Ritchie
Pemakaian UNIX pada mesin lain dimulai pada tahun 1976/1977. Saat itu Dennis Ritchie dan Stephen Johnson berhasil memindahkan system UNIX ke mesin interdat 8/32. Hal inilah yang menjadi tonggak sejarah yang menunjukkan keportabilitasan UNIX. Sekitar tahun 1975 Laboratorium Bell mulai memberikan UNIX ke universitas-universitas dengan imbalan yang sangat murah. Salah satunya universitas yang melahirkan unix yang sangat populer adalah universitas California, Barkeley.

Macam-macam Versi UNIX OS

Versi UNIX-nya terkenal dengan sebutan BSD (Barkeley Software Distribution). Lisensi UNIX yang bersifat komersial diberikan pertama kali oleh AT&T ke systems Onyx, sebuah perusahan yang diberikan oleh Bob Marsh dan kip Myers pada tahun 1978. Saat itu UNIX dianggap sebagai system operasi yang ampuh untuk menangani system dengan16bit. Pada dekade 80-an, sejarah UNIX berkembang dengan pesat, termasuk pada 13C. Salah satu system UNIX pada PC yang terkenal adalah XENIX (Santa Cruz Operastion), yang merupakan mitra Microsoft. Pada decade ini pula lahir system V (1984, dikembangkan di Computing Science Research Group, Bell Laboratories, New Jersey) yang menjadi kiblat dari kebanyakan versi UNIX. Selain itu, pada tahun 1984 juga terdapat proyek yang disebut GNU (GNU's Not Unix) yang dikembangkan oleh the Free Software Foundation (FSF).

Proyek GNU dan OpenSource

Tujuan dari proyek ini adalah membangun sistem semacam UNIX yang bersifat bebas royalty bagi pemrogram dan pengembang. Proyek inilah yang di kemudian hari mendasari system operasi linux. Mulai pertengahan 90-an Linux (cloning dari system operasi UNIX yang diciptakan oleh Linus Torvalds dan dipublikasikan pertama kali sekitar tahun 1991) mulai naik daun dilingkungan PC dan menjadi pesaing Microsoft windows, memasuki tahun 2000, Linux terus berkibar. Dengan konsep open source (kode program bisa dilihat dan dikembangkan oleh siapa saja) dan gratis,banyak pemakai, terutama di lingkungan kampus, yang tertarik menggelutinya. Dukungan aplikasi yang kian meluas, dari aplikasi perkantoran, multimedia, hingga database, yang kebanyakan bersifat gratis, membuat linux tumbuh dengan cepat. Kini muncul banyak distribusi linux, antara lain :
Red hat
Mandrake
Slackware
Debian
Suse  
Tux - Simbol Linux

Linux Sebagai OS Yang Ringan dan Powerful

LINUX (Kernel-nya saja) adalah sistem operasi komputer yang bermula dari proyek hobi Linus Torvalds, seorang mahasiswa dari Helsinki University, Finlandia. Linus sendiri terinspirasi Minix, suatu sistem UNIX kecil yang dikembangkan Prof. Andrew Tanenbaum dari derFrein University,Amsterdam. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Pada 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02. Versi ini hanya dapat menjalankan Bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Saat ini, Linux telah berkembang demikian cepat sehingga dilengkapi banyak program, mulai dari Office Suite semacam StarOffice hingga server web (seperti Apache), email (Sendmail), database (PostgreSQL dan MySQL), dan lainnya sehingga jadi GNU/Linux. Linux didistribusikan secara bebas bersama program GNU (Gnu is Not Unix) lainnya dengan model lisensi GPL (General Public License). GNU/Linux atau yang selanjutnya disebut Linux saja adalah UNIX Clone, sebuah sistem operasi komputer yang mirip seperti UNIX yang merupakan implementasi independent dari POSIX. Saat ini linux adalah system UNIX yang sangat lengkap, bias digunakan untuk jaringan,pengembangan software dan bahka untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternative system operasi yang jauh lebih bagus dan baik.
Judul: Sejarah UNIX Dibalik Sistem Operasi Linux - Sejarah Linux
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)