Berbagai Macam Distro Linux dan Sejarah Distro Linux

Posted by Seto Elkahfi on Tuesday, February 14, 2012

Macam-macam Distro Linux - Saat ini linux adalah system UNIX yang sangat lengkap, bisa di gunakan untuk jaringan, pengembang software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif system operasi yang lebih murah jika dibandingkan dengan system operasi komersial (misalnya windows 9.x/NT/2000/ME ). Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat di mungkinkan karena linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan  cepat  dan  efisien, internet  menjadi  pilihan  yang sangat  tepat.
Berbagai Macam Distro Linux dan Sejarah Distro Linux
Linux Logo

Kernel Linux Dalam Distro Linux

Karena kernel linux dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang tersedia, sebagai contoh, C Compiler menggunakan gee dari Free Software Foundation GNU,s Project. Compiler ini banyak digunakan pada lingkungan Hewlett- Packard dan Sun. Sekarang ini, banyak aplikasi linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantor seperti untuk spreadsheet, word processor, database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu star office. 
Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk linux dan aplikasi seperti matlab yang pada linux dikenal sebagai scilab. Linux bisa didapatkan dalam berbagai macam distro Linux (bisa disebut distribusi). 

Pengertian dan Macam-macam Distro Linux

Distro linux adalah bundle dari kernel linux, beserta system dasar linux, program instalansi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro. Ada banyak sekali distro linux,  diantaranya :

Redhat - Distro Linux

Distribusi yang paling populer, minimal di Indonesia, redhat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.
Redhat - Distro Linux
Redhat Logo Linux

Debian - Distro Linux

Distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam instalasi programnya.
Debian - Distro Linux
Debian Logo Linux

Slackware Distro Linux

Merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia linux, hampir semuadokumentasi linux disusun berdasarkan slackware. Dua hal penting dari slackware adalah bahwa semua isinya (kernel.library ataupun aplikasinya) adalah sudah teruji. Sehingga mungkin agak tua tapi yang pasti stabil. Yang kedua karena dia menginstal dari source sehingga setiap program yang kita install teroptimasi dengan system kita. Ini alasannya dia tidak mau untuk menggunakan binary RPM dan samapi slackware 4.0,ia tetap menggunakan libc5 bukan glibc2 seperti yang lain.
Slackware - Distro Linux
Slackware Logo Linux

SuSE Distro Linux

Distribusi yang sangat dikenal dengan YaST (Yet another Setup Tools) untuk mengkonfigurasi system. SuSE merupakan distribusi pertama dimana instalasinya dapatmenggunakan bahasa Indonesia.
SuSE - Distro Linux
SuSe Logo Linux

Mandrake Distro Linux

Merupakan varian distro RedHat yang dioptimasi untuk Pentium. Kalau komputer kita menggunakan Pentium keatas, umumnya linux bisa jalan lebih cepat dengan mandrake.
Mandrake - Distro Linux
Mandriva Logo Linux

WinLinux Distro Linux

Distro yang dirancang untuk diinstall di atas partisi DOS (Windows). Jadi untuk menjalankannya bisa di-klik dari Windows. WinLinux dibuat seakan-akan merupakan suatu program aplikasi under Windows. Dan masih banyak lagi distro-distro linux yang lain.

Kepopuleran Linux dan Proyek GNU OpenSource

LINUX merupakan salah satu sistem operasi komputer yang sangat populer saat ini selain windows dari Microsoft. LINUX pertama kali dikenalkan oleh Linus Torvalds seorang mahasiswa dari Finlandia yang bereksperimen dengan metoda mencoba membuat sebuah sistem operasi seperti halnya UNIX yang impiannya nanti dapat berjalan pada sebuah PC. Linux, atau lebih tepatnya, GNU/Linux adalah sebuah sistem operasi yang jalan pada kebanyakan jenis komputer yang terkenal, termasuk (tentunya) PC populer yang berbasis Intel, yang kebanyakan orang pakai dan Machintosh sampai ke mainframe yang besar dan super komputer.
GNU/Linux akan menyapu secara cepat perkembangan komputer dunia, mulai dari pemakai individual melalui perusahaan-perusahaan kecil, Perusahaan-perusahaan besar serta Departemen di pemerintahan. GNU/Linux didasari pada software open source software yang source codenya tersedia secara gratis. Keadaan lisesnsi untuk software open source ini membolehkan kita melihat dan memodifikasi software tersebut dan membagi perubahan yang telah anda buat tersebut secara gratis ke siapa pun.
Judul: Berbagai Macam Distro Linux dan Sejarah Distro Linux
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)