Linux Shell Bash Dan File System

Posted by Seto Elkahfi on Tuesday, February 21, 2012

Linux Shell Bash - Sebagaimana terlihat dalam file bash_profile bahwa jenis linux shell bash juga merupakan suatu variable / bagian dari ruang lingkup pribadi seorang user / pemakai. Dalam hal penggunaan Linux Operating System, shell adalah aplikasi yang digunakan untuk mengakses perintah-perintah Linux
Linux Shell Bash Dan File System

Bash (Bourne Again SHell ) pada Linux

Bourne Again SHell adalah suatu shell interpreter , yaitu program yang bertugas untuk menterjemahkan segala yang kita ketikkan pada command line / prompt. Sebenarnya shell adalah interface atau antar muka antara user dengan kernel yang berinteraksi langsung dengan perangkat keras dan system. Bash memiliki beberapa keunggulandibandingkan dengan jenis shell lainnya ( Csh , sh , ash , dll ) , yaitu : pengeditan baris perintah , pelengkapan perintah ( Command Completion ) , dan pemanggilan perintah-perintah yang telah diketikkan.
declare -A a # declare an associative array 'a'
i=1; j=2 # initialize some indices
ey "$i,$j" (i.e. "1,2") echo ${a[$i,$j]} # print the stored value
a[$i,$j]=5 # associate value "5" to
kat key "$i,$j"

Pelengkapan perintah memungkinkan kita untuk mengetik beberapa karakter saja dari perintah program , file / direktori dan memerintahkan bash untuk melengkapinya, tentunya jika perintah atau file / direktori  terdapat dalam computer kita. Caranya cukup kita mengetik beberapa karakter dari perintah atau file / direktori lalu gunakan tombol tabulasi [TAB].
Pemanggilan perintah yang pernah kita ketikkan adalah suatu hal yang dapat memudahkan pekerjaan tentunya. Bash mendukung pemanggilan perintah tersebut dengan cara kita menggunakan tombol panah atas dan bawah yang ada pada keyboard.

File System Pada Linux

Adalah suatu cara atau metode untuk mengorganisasikan fiel-file pada device atau peripheral . Beberapa metode filesystem pada system linux antara lain adalah ext fs ext2 fs , xia fs dll. Filesystem ext2 saat ini banyak digunakan, karena sangat efisien. Sistem linux juga menyediakan dukungan terhadadp filesistem lainnya seperti msdos yang sudah built-in di kernel atau dalam bentuk modul vfat ( windows 95 nativo fs ) , ext , umdos dan sebagainya. Pada system linux semuadevice atau peripheral diperlukan sebagai file / direktori , untuk itu suatu device khususnya disk agar dapat digunakan terlebih dahulu kita harus melakukan mekanisme mount. Misalnya kita akan membaca disket melalui floppy , kita tidak dapat membaca langsung tanpa melakukan mekanisme mount , karena linux tidak mengenal sistem partisi.
Judul: Linux Shell Bash Dan File System
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)