Fungsi Printer - Membongkar Fungsi Printer

Posted by resrsr on Thursday, November 1, 2012

Fungsi Printer - Printer adalah salah satu komponen yang termasuk dalam golongan hardware pada sistem komputer. Seperti diketahui bahwa sebuah sistem komputer akan terdiri dari hardware, software dan juga brainware. Printer merupakan hardware yang masuk dalam kategori output, artinya printer menghasilkan keluaran atau output dari sebuah sistem komputer.

Fungsi Printer Dan Bagianya

Bagian printer dan fungsi printer

Lalu apakah Fungsi Printer itu sebenarnya? Kalau postingan Printer sebelumnya membahas jenis dan merek printer, kali ini saya coba membahas bagian bagian dari printer. PRINTER benda berukuran kurang dari stengah meter ini merupakan alat yang sering kita jumpai dan kita gunakan untuk mencetak atau menampilkan data dalam bentuk cetakan.


Mungkin definisi lengkapnya seperti berikut Printer atau pencetak adalah alat yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar atau grafik, di atas kertas.

Bagian-bagian Umum Pada Printer

Printer secara umum mempunyai bagian-bagian yang identik antara jenis yang satu dengan jenis printer yang lainnya. Misalnya printer inkjet dan laserjet yang pasti memerlukan sebuah toner untuk dapat mencetak dokumen. Di bawah ini ada bagian bagian printer yang mungkin belum anda ketahui.
Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu :

  • Tray ialah tempat untuk menaruh kertas.
  • Picker sebagai alat untuk mengambil kertas dari tray.
  • Tinta atau toner adalah alat pencetak yang digunakan untuk menulis atau mencetak pada kertas. Tinta dan Toner memiliki perbedaan pada sistem. Toner atau laser membutuhkan pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
  • Kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat.
  • Pada bagian belakang printer biasanya ada Port paralel atau USB untuk penghubung ke komputer.

Merk-merk Printer Yang Ada Di Pasar

Terdapat banyak produsen yang memproduksi printer. Namun beberapa tercatat sebagai penguasa pasar karena kualitas dan harga yang menarik. Kualitas printer bisa dinilai dari masa garansi yang diberikan, ketersediaan jaringan servis center, dan juga kemudahan dalam penggunaannya.

Saat ini, Merk produk printer yang banyak digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi. Untuk jenisnya, printer memiliki beberapa jenis diantanya Printer Dot-Matrix, Printer InkJet dan Printer Laser.
Judul: Fungsi Printer - Membongkar Fungsi Printer
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)