Tutorial Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

Posted by Seto Elkahfi on Thursday, November 15, 2012

Cara merawat printer - Printer termasuk ke dalam hardware yang bertipe output, yaitu menghasilkan keluaran hasil dari proses sebuah komputer. Penggunaan printer ini termasuk ke dalam fungsi komputer yang utama, karena berguna untuk mencetak sebuah dokumen berbentuk digital ke dalam bentuk hrad copy. Karena penggunaanya yang tergolong sering, printer kadang berumur pendek jika tidak melakukan perawatan yang benar.
Pada postingan kali ini Materi Informatika akan membahas mengenai tutorial cara merawat printer agar awet dan tahan lama.

Tutorial Cara Merawat Printer Agar Awet

Untuk merawat printer yang sering digunakan agar berumur panjang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ulasan tips tentang bagaimana merawat printer yang baik dan benar.

1. Gunakan printer anda secara teratur dan berkala.

Merawat printer dengan menggunakan printer secara berkala dan teratur ini akan menjaga agar tinta tetap mengalir dan membasahi nozzle tempat keluarnya tinta. Karena diameter nozzle ini sangat kecil sekali, maka akan sangat rawan terjadi kebuntuan akibat tinta kering yang tidak mengalir. Dan akibatnya head catridge bisa rusak, padahal harganya hampir sama dengan beli printer baru. Maka rawat printer anda agar hal ini tidak terjadi, minimal seminggu sekali menggunakan printer.

2. Segera isi / refill jika tinta printer anda habis.

Cara merawat printer no 2 ini juga akan membuat awet dan tahan lama terhadap head catridge printer anda.

3. Matikan printer secara benar dengan menekan tombol powernya.

Cara merawat printer no 3 ini akan membuat head catridge printer anda selalu bersih dan terjaga dari kebuntuan. Karena dengan menekan tombol power untuk mematikan, maka printer akan secara otomatis melakukan pembersihan permukaan head sebelum parkir di tempatnya.
Jangan mematikan printer dengan mencabut kabel power secara langsung.

4. Jangan menggunakan kertas yang kotor dan berdebu

Jika anda menggunakan kertas yang kotor dan berdebu untuk mencetak, maka ini akan mengotori roll penarik kertas, dan lama kelamaan akan menyebabkan cepat aus dan akhirnya rusak. Efeknya adalah printer tidak akan bisa untuk menarik kertas.

5. Tutup printer dengan cover plastik

Tips no 5 ini agar debu dan kotoran tidak menempel pada printer.

Dengan penggunaan yang benar dan perawtan yang teratur, printer anda akan berumur panjang dan tidak perlu biaya perawatan service yang besar. Dalam merawat sebuah barang elektronik diperlukan kedisiplinan dan ketekunan, karen barang elektronik sifatnya rentan terhadap kerusakan. 
Demikian tips kali ini dari Materi Informatika, semoga bermanfaat.
Judul: Tutorial Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)