Artikel Jurnal Ilmiah Untuk Skripsi STMIK Nusa Mandiri

Posted by resrsr on Sunday, November 18, 2012

Jurnal Ilmiah - Mahasiswa dengan jenjang Strata Satu (S1) harus menyusun sebuah skripsi agar bisa dinyatakan lulus dan dapat mengikuti wisuda mahasiswa. Seperti halnya sebuah Tugas Akhir dalam jenjang D3. Jurnal ilmiah ini nantinya berfungsi sebagai referensi sebuah skripsi. Artikel jurnal ilmiah wajib dicantumkan dalam pembuatan skripsi pada STMIK Nusa Mandiri.

Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah

Pengertian Artikel Jurnal Ilmiah

Pengertian artikel jurnal ilmiah adalah sebuah artikel yang penyusunannya ditujukan untuk memberikan kontribusi terhadap sebuah disiplin ilmu tertentu, dan juga dalam aspek penerapan ilmu tersebut. Sedangkan menurut Wikipedia, jurnal ilmiah adalah salah satu jenis jurnal akademik di mana penulis mempublikasikan artikel ilmiah. Artikel- artikel iniUntuk memastikan kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel biasa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagai peer review (ulasan sejawat).

Artikel Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel jurnal ilmiah memang sangat dekat dengan dunia pendidikan. Bahwa jurnal ilmiah dijadikan referensi bagi sebuah skripsi adalah buktinya. Jurnal ilmiah pendidikan berfungsi sebagai sebuah standar dan referensi ilmiah dari sebuah skripsi

Artikel Jurnal Ilmiah Indonesia

Di Indonesia sendiri penulisan jurnal ilmiah terhitung masih sedikit. Namun dengan adanya kebijakan terbaru yang kontroversial dari Dikti tentang syarat kelulusan mahasiswa S1 yang harus menulis dan mempublikasikan sebuah jurnal ilmiah mungkin akan meningkatkan jumlah artikel jurnal ilmiah yang ada di Indonesia. Namun beberapa kalangan juga menyangsikan dan bahakan menghkhawatirkan kebijakan baru tersebut malah akan membuat sebuah bisnis ilegal baru, bisnis penulisan jurnal ilmiah.

Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah


Untuk menulis sebuah jurnal ilmiah ada aturan-aturan tersendiri. Menulis jurnal ilmiah bukan merupakan pekerjaan yang mudah, tetapi tidak ada salahnya jika dilatih. Jika anda punya artikel yang siap dijurnalkan, saya sarankan sebelum menulis jurnal ilmiah disarankan untuk: (1) Mengamati isi suatu jurnal, untuk mengatuhi apakah artikel kita sesuai (2) Mendonload/ membuat template jurnal tersebut, (3) Menulis artikel yang sesuai dengan gaya jurnal tesebut.

Format Artikel Jurnal Ilmiah

Format artikel sebuah jurnal ilmiah bisa berbentuk cetak dan juga bisa berbentuk pdf. Seiring dengan perkembangna teknologi informasi, sepertinya perkembangan jurnal ilmiah dalam format digital lebih banyak daripada jurnal ilmiah dalam bentuk cetak. Namun keduanya sama nilainya jika terdapat ISSN atau nomor penerbitan jurnal. Karena jurnal yang tidak terdapat ISSN-nya berarti jurnal tersebut tidak diakui sebagai sebuah jurnal ilmiah.

Demikian pengetahuan tentang apa itu artikel jurnal ilmiah, semoga bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswa yang sedang menyusun skripsi ataupun yang sedang mencoba menulis jurnal ilmiah :D

Judul: Artikel Jurnal Ilmiah Untuk Skripsi STMIK Nusa Mandiri
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)