Fungsi Keyboard - Memahami Fungsi Keyboard Komputer

Posted by resrsr on Monday, November 12, 2012

Fungsi Keyboard - Sebuah sistem komputer terdiri dari tiga komponen, yaitu hardware, software dan juga brainware. Pada post kali ini Msteri Informatika akan membahas mengenai aspek hardware. Hardware juga terbagi menjadi input, process, dan output hardware. Salah satu input hardware yang ada dalam sistem komputer adalah keyboard.

Pengertian Keyboard Pada Komputer

Keyboard adalah perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dengan berbagai macam fungsi perintah yang selanjutnya dikirim ke perangkat CPU. Keyboard terdiri dari banyak tombol ketik dengan simbol masing-masing. Mulai dari awal ditemukannya sampai sekarang, keyboard sudah mengalami banyak penyesuaian.


Fungsi Keyboard

Keyboard yang banyak dipakai sekarang ini adalah keyboard model Qwerty, dimana penyusunan tiap-tiap hurufnya sudah disesuaikan untuk kenyamanan mengetik dengan menggunakan 10 jari.

Bagian-bagian Keyboard  Pada Komputer


Sebuah keyboard komputer disusun atas bagian-bagian yang mempunyai fungsi masing-masing. Bagian-bagian keyboard yaitu papan ketik, line PCB, dan kabel data.

Papan ketik

Salah satu bagian dari sebuah keyboard yaitu papan ketik. Papan ketik ini berupa tombol, atau tuts yang bertuliskan karakter, baikn itu huruf, angka, simbol dan tanda-tanda perintah yang lain. Papan ketik ini terbuat dari plastik dan merupakan bagian dari keyboar yang berinteraksi dengan pengguna komputer.

Line PCB 

Line PCB adalah bagian dari keyboar yang berfungsi sebagai konduktor untuk mengirimkan perintah dari/ menuju CPU. PCB merupakan kepanjangan dari Printed Circuit Board, sebuah papan sirkuit elektronik yang hampir selalu ada dalam setiap alat elektronik.

Kabel data

Kabel data merupakan penghubung antara keyboar dan CPU. Kabel data ini menjadi sebuah jembatan untuk mengirimkan data apa yang pemakai komputer tekan, lalu mengirimkannya kepada komputer untuk ditampilkan ke layar. Kabel data ini bisa berupa kabel USB maupun kabel standar untuk keyboard.

Fungsi Keyboard Pada Komputer


Fungsi keyboard adalah mengirimkan perintah dari tiap huruf maupun angka yang kita ketikkan kemudian menyampaikannya ke CPU dan selanjutnya perintah manual tersebut akan di rubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga dapat dimengerti oleh prosessor.
Judul: Fungsi Keyboard - Memahami Fungsi Keyboard Komputer
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)