Contoh Program C++ Sederhana - Menentukan Nilai Akhir Dengan C++

Posted by resrsr on Wednesday, November 28, 2012

Menentukan Nilai Akhir Dengan C++ - Menentukan nilai akhir pada sebuah mata kuliah di universitas memerlukan perhitungan-perhitungan khusus. Perhitungan-perhitungan ini berbeda ketentuannya tergantung dari kebijakan institusi pendidikan yang bersangkutan. Nilai akhir ini nantinya akan menjadi hasil akhir dari seorang mahasiswa untuk mata kuliah tertentu pada satu semester. 

Menentukan Nilai Akhir Dengan Program C++ 

Untuk kesempatan menulis kali ini, Materi Informatika akan membahas mengenai perhitungan aritmatika. Untuk studi kasus yang diangkat pada postingan ini adalah bagaimana menghitung sebuah nilai akhir dari seorang mahasiswa. Seperti disinggung sebelumnya, perhitungan nilai akhir ini berbeda-beda tergantung dari institusi mana mahasiswa belajar. Namun untuk kasus kali ini, rumus yang digunakan untuk menentukan Nilai Akhir adalah :

NA = (2*TUGAS + 3*UTS + 5*UAS)/10

Contoh Program Menentukan Nilai Akhir Dengan C++ 

Bagaimana pengimplementasian algoritma di atas ke dalam listing C++?. Untuk menerapkan logika di atas, kita bisa menggunakan bermacam bahasa pemrograman. Namun untuk kali ini, kita akan belajar membuatnya menggunakan bahasa pemrograman C++. Walaupun tidak cukup terkenal (karena kurangnya publikasi) namun penggunaanya sangat penting dalam pengembangn Teknologi Informasi.
Berikut hasil akhir dari contoh program nilai akhir menggunakan C++, sila disimak:
/*
Menentukan Nilai Akhir (NA)
dengan bahasa C/C++
*/

#include <iostream.h>

using namespace std;

main()
{
    int NA, tugas, mid, akhir;

    cout << "Nilai Tugas : ";
    cin >> tugas;

    cout << "Nilai MID : ";
    cin >> mid;
   
    cout << "Nilai UAS : ";
    cin >> akhir;

    NA = ((2*tugas)+(3*mid)+(5*akhir))/10;

    cout<< "\nNilai Akhir Anda : "
}

Hasil Contoh Program C++ Menentukan nilai akhir

Jika Anda mengikuti tutorial-tutorial dari Materi Informatika, pasti sering ada screen-shoot untuk produk-produk tertentu. Berikut hasil output pada layar hitam saat Anda menjalankan aplikasinya tersebut.
Judul: Contoh Program C++ Sederhana - Menentukan Nilai Akhir Dengan C++
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)