Fungsi Monitor - Mengerti Fungsi Monitor Komputer

Posted by resrsr on Saturday, September 29, 2012

Fungsi Monitor Komputer - Salah satu bagian komputer adalah Monitor. Alat ini termasuk ke dalam perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi menampilkan output video atau gambar dari sebuah sistem komputer. Karena fungsi monitor yang vital tersebut maka penggunaannya tidak dapat dipisahkan dalam pemakaian suatu komputer. Walaupun identik dan memang awalnya diperuntukan untuk monitor komputer, fungsi monitor pada umumnya juga bisa dijadikan televisi, dengan menggunakan alat yang bernama TV-Tunner.

fungsi monitor, Bagian Komputer, fungsi monitor komputer

Fungsi Monitor dan Jenis-jenis Montitor

Monitor komputer merupakan sejenis peranti persisian output yang berupaya memaparkan aksara (huruf) dan/atau gambar, baik diam atau bergerak, yang dijanakan oleh komputer dan diproseskan oleh kartu grafis. Teknologi monitor saat ini berkembang sangat maju. Hal ini ditandai dengan banyaknya jenis monitor yang tersedia di pasar.

Sebenarnya terdapat empat jenis Monitor, yaitu Monitor monokrom, Monitor warna, Monitor segerak berbilang, dan Monitor ELD (Elektro Luminescent Display). Setiap Monitor mempunyai ciri-ciri dan sejarah tersendiri. Monitor tipe LCD termasuk monitor yang paling populer digunakan. Namun akhir-akhir ini keberadaan monitor LCD juga mulai tergusur oleh monitor jenis lain, yaitu monitor LED.

Fungsi Monitor Komputer

Mutu Monitor tergantung kepada beberapa faktor. Yang terutama ialah bilangan piksel yang dipaparkan oleh skrinnya; lebih banyak pikselnya, lebih tajamnya teks dan grafik yang dipaparkan.
Pada awalnya semua monitor adalah dari jenis tiub sinar katod (CRT) sama seperti yang digunakan pada tiub televisyen, namun kini monitor jenis LCD semakin digemari kerana monitor LCD menggunakan ruang yang kecil, ringan serta lebih menjimatkan tenaga elektrik berbanding monitor CRT.

Demikian postingan kali ini dari Materi Kuliah Informatika tentang fungsi monitor komputer, semoga bermanfaat, like pagenya ya biar rame ;)
Judul: Fungsi Monitor - Mengerti Fungsi Monitor Komputer
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)