Contoh Program C++ Sederhana - Mencari Luas Segitiga

Posted by resrsr on Friday, September 28, 2012

Mencari Luas Segitiga Dengan C++ - Salah satu fungsi sebuah komputer adalah untuk melakukan perhitungan matematika secara cepat. Fungsi ini termasuk untuk menghitung benda-benda dua dimensi. Sebuah program komputer dapat digunakan untuk menghitung luas segitiga, menghitung luas lingkaran, menghitung luas persegi panjang dan fungsi matematis lainnya yang mungkin lebih kompleks. Fungsi-fungsi tersebut ada dalam alat bernama kalkulator. Kalkulator adalah salah satu jenis komputer yang sederhana dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Menghitung Luas Segitiga

Pada kesempatan kali ini, materi kuliah informatika akan membagi sebuah listing c++ yang berguna untuk menghitung luas segitiga. Rumus menghitung luas segitiga adalah 1/2 a x t. Biasanya listing progaram ini diberikan sebagai sebuah tugas praktikum mahasiswa Bina Sarana Informatika, yang merupakan lembaga pendidikan yang cukup punya nama di Indonesia. 


Segitiga sendiri mempunya beberapa jenis, diantaranya segitiga samasisi, segitiga samakaki, dan segitiga sembarang. Pada program menghitung luas segitiga kali ini bisa digunakan untuk menghitung semua jenis segitiga. Asal segitiga tersebut mempunyai alas dan tinggi, hehe.

Program Mencari Luas Segitiga

Berikut ini adalah listing program untuk menghitung luas segitiga menggunakan bahasa pemrograman c plus plus (C++). Silahkan disimak:
#include<iostream.h>
main()
{
int a, b;
cout<<"Mencari Luas Segitiga n";
cout<<"Alas =";
cin>> a;
cout<<"Tinggi =";
cin>> b;
cout<<"Luas Segitiga ="<<a*b/2;
return 0;
}
Program luas segitiga di atas menggunakan satu header, yaitu <iostream>. Hal ini dikarenakan program menghitung luas segitiga di atas sangatlah sederhana. Jadi kita tidak perlu menggunakan header-header yang lain lagi. Untuk logika programnya sendiri sudah bisa dianalisa, program akan menampilkan form inputan berupa nilai alas segitiga. Selanjutnya di input juga nilai tinggi segitiga. Setelah tombol Enter ditekan, program akan menjalankan perhitungan rumus luas segitiga, yaitu panjang kali tinggi dibagi dua.

Output Program Luas Segitiga CPP

Setelah program menghitung luas segitiga di atas dijalankan pada komputer, maka hasil yang akan tampil adalah gambar hasil menjalankan program menghitung luas segitiga di bawah ini:

contoh program c++, listing c++, pemrograman c++, program cpp, menghitung luas segitiga,
Demikian tutorial kali ini dari Materi Kuliah Informatika yang membahas tentang menghitung luas segitiga menggunakan program C plus plus. Semoga bermanfaat, jangan lupa like pagenya ya :D
Judul: Contoh Program C++ Sederhana - Mencari Luas Segitiga
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)