Meratakan Array Multidimensional Pada PHP

Posted by resrsr on Wednesday, October 23, 2013

Array Multidimensional - Multidimensional array adalah sebuah array yang terdapat dalam sebuah array (dan mungkin juga terdapat dalam sebuah array yang merupakan bagian dari array yang lain). What???. Ya, memang begitulah.  Sebuah element array bisa merupakan sebuah array yang lain dan seterusnya. Inilah yang disebut dengan array multidimensi. Pada postingan kali ini, Materi Informatika akan membahas mengenai cara meratakan array multideimensional ini menjadi sebuah array tunggal (satu dimensi).

Meratakan (Flattened) Multidimensional Array Pada PHP

This post is going to serve as a place to point people to, as it is a question that gets asked fairly regularly in the PHP support channels that I hang around in. The task is to “flatten” nested arrays into a single series containing all of the values.

Contoh Input


Contoh Output



Fungsi Rekursif (Recusrsive Function)

Untuk membuat array, programmer PHP bisa menggunakan sebuah fungsi rekursif (fungsi yang memanggil dirinya sendiri). Pada beberapa kasus, hal ini adalah salah satu jalan keluar. Nah pada kasus ini, dua contoh berikut akan mencoba memanfaatkan fungsi PHP secara utuh untuk melakukan proses rekursif (berulang) untuk program yang kita buat.

Menggunakan SPL (Standard PHP Library) 

Standard PHP Library (SPL) adalah koleksi dari interface dan kelas-kelas yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang umum dijumpai dalam pengembangan aplikasi menggunakan PHP. Untuk dokumentasi lebih lengkap silahkan baca Standard PHP Library.
Solusi ini menggunakan fungsi iterator_to_array(), class RecursiveIteratorIterator() dan class RecursiveArrayIterator().



Menggunakan Fungsi array_walk_recursive()

Solusi ini lebih prosedural, namun tetap masih menggunakan PHP untuk proses recursivenya. Solusi ini menggunakan closure (anonymous function) untuk membangun sebuah array step-by-step.



Link Terkait

Berikut link-link terkait dengan materi yang dibahas:
Judul: Meratakan Array Multidimensional Pada PHP
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)