Manfaat Defrag Komputer - Mengapa Harus Dilakukan?

Posted by Seto Elkahfi on Wednesday, October 2, 2013

Defrag Komputer - "Komputerku kok lemot banget ya dab? Tau ga kenapa? Temenku bilang hardisknya kudu di defrag itu, emang defrag apa sih dab?" Bagi yang pernah mendengar kata defrag, atau pernah mendengar keluhan seperti tadi, belum bisa menjamin bisa menjelaskan apa itu defrag sebenarnya. Pada postingan kali ini, Materi Informatika akan membahas proses bernama defrag. Check this out.

Pengertian Defrag

Apa sebenarnya pengertian dari defrag? Defrag merupakan istilah komputer yang berasal dari bahasa Inggris defragment. Defrag adalah sebuah proses yang ditujukan untuk menyusun kembali, merapikan, dan menata file-file yang terdapat pada sebuah hardisk. defrag merupakan suatu proses yang dipergunakan untuk merapikan, menyusun, dan menata berbagai file dan isi dalam sebuah hard disk. Proses ini bisa diibaratkan menata kembali isi lemari pakaian kita supaya lebih rapi.

Fungsi dan Manfaat Defrag 

Seperti disebutkan diatas, proses defrag dapat menata dan merapikan isi hardisk, yaitu file-file dokumen, program untuk menunjang pekerjaan, dan juga file-file hiburan seperti lagu, film, video dan lainnya. Dengan rapinya susunan file-file dalam sebuah hardisk, akan berimbas kepada meningkatnya kecepatan membaca data (read) komputer pada hard disk. Selain itu defrag juga dapat mengakomodasi kestabilan dan kondisi hard disk.

Analoginya sederhana, lebih mudah mencari baju atau celana pada lemari pakaian yang rapi atau lemari pakaian yang berantakan ? Pasti akan lebih mudah mencari pakaian pada lemari pakaian yang rapi dan tertata berdasarkan jenis pakaiannya. Seperti itulah fungsi dari defrag mengurutkan data sesuai dengan tempatnya sehingga memudahkan pencarian sebuah data pada hard disk.

Kapan Harus Melakukan Defrag

Lalu apa yang menyebabkan file-file pada hardisk kita menjadi berantakan? Kita menggunakan komputer untuk memanipulasi data (read-write). Proses ini seperti menghapus file, memindahkan file film, install program baru, dan lain sebagainya. Proses ini akan menyebabkan susunan file-file pada hardisk menjadi berantakan. Untuk itulah perlu dilakukan proses defrag hardisk.
Intensitas proses defrag berbanding dengan aktivitas manipulasi data yang dilakukan. Minimal lakukan 1-3 bulan sekali. Jika aktivitas manipulasi data yang dilakukan dirasa lebih sering dari rata-rata orang, lakukan sesuai dengan tingkat penggunaan komputer tersebut.

Cara Melakukan Defrag

Sistem operasi, khususnya Windows, sudah menyediakan tools built-in yang biasa digunakan untuk proses defrag hardisk. Untuk sistem operasi Windows 7, bisa dilakukan dengan cara:
  1. Klik start pada taskbar menu.
  2. Pilih All Programs.
  3. Pilih Accessories.
  4. System Tools.
  5. Disk Defragmenter.
Pastikan saat hendak melakukan proses defrag, komputer memang sedang dalam kondisi free. Karena proses defrag biasanya memakan waktu yang cukup lama, bergantung pada berapa banyak file-file yang ada pada hardisk tersebut.
Judul: Manfaat Defrag Komputer - Mengapa Harus Dilakukan?
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)