Perbedaan Multi-User dan Client-Server

Posted by resrsr on Friday, October 4, 2013

Multi-User dan Client-Server - Mungkin bagi sebagian orang, kedua istilah ini adalah istilah yang umum dalam dunia teknologi informasi. Namun, jika harus menjelaskanya secara langsung dengan bahasa yang mudah dimengeri, kadang kita sebagai developer cukup kesulitan memilih kata yang tepat. Berikut pengertian multi-user dan client-server versi Materi Informatika

Perbedaan Multi-User dan Client-Server

Multi User

Multi user itu merupakan aplikasi yang memungkinkan dipergunakan oleh beberapa user sekaligus. Biasanya problem yang ditekankan disini adalah masalah update conflict, namun masalah ini biasanya dapat diatasi oleh engine database server kita jika kita mempergunakan database RDBMS seperti mysql, firebird, MSSQL, dll.

Client-Server

Client-server itu merupakan teknologi komunikasi aplikasi kita, biasa disebut 2-tier. Pada umumnya jika kita mengembangkan aplikasi dan mempergunakan database RDBMS, maka aplikasi kita termasuk aplikasi client-server. Aplikasi kita adalah client dan RDBMS adalah servernya. Aplikasi berkomunikasi langsung dengan server.


Judul: Perbedaan Multi-User dan Client-Server
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)