Membuat Database Pada MySQL - Tutorial MySQL #1

Posted by resrsr on Wednesday, February 20, 2013

Membuat Database MySQL - Berbicara mengenai Database Management System, kita akan berhadapan pada kenyataan bahwa Oracle semakin hari semankin populer saja. Perusahaan milik Larry Olisson ini menjadi pemimpin pasar di segment korporat untuk produk Database mereka. Namun bagaimana dengan MySQL yang juga produk versi gratis dari Oracle? MySQL merupakan relational database management system (RDBMS) yang penggunanya sangat banyak di dunia. Banyaknya pengguna dari DBMS ini tidak lepas karena kemampuan dan juga sifatnya yang open-source (terbuka) dan gratis untuk didistribusikan baik untuk komersial maupun non-profit.

Kelebihan MySQL Database Management System

Logo MySQL

Kelebihan lainnya dari menggunakan MySQL sebagai platform DBMS adalah selain sifatnya yang terbuka, dukungan dari komunitas dan pengembang juga lebih baik dan lebih cepat. Pengembang dari berbagai penjuru dunia bersinergi memecahkan permasalahan yang muncul, Sehingga setiap rilis baru dari MySQL merupakan kontribusi dari berbagai pengembang diseluruh dunia.
Dengan penggunanya yang banyak, ketika mengalami permasalahan atau kesulitan saat menggunakan MySQL, kita bisa menemukan banyak solusi yang bisa kita dapatkan dari internet.

Membuat Database Pada MySQL

Setelah kita mengetahui kelebihan-kelebihan MySQL, selanjutnya adalah mempraktekan query language MySQL untuk keperluan penggunaannya pada aplikasi yang akan kita kembangkan. Kita akan mulai dengan cara membuat database pada MySQL menggunakan perintah DDL.
Untuk membuat databse 'siswa', perintah berikut yang akan kita ketikkan pada console MySQL:

CREATE DATABASE `siswa` ;

Untuk mengecek apakah databse berhasil dibuat atau tidak, kita menggunakan perintah dibawah ini:
SHOW DATABASES ;
Jika database sudah ada, maka untuk mempergunakan database bisa langsung menggunakan query “use [nama_database]

USE `siswa` ;

Demikian tutorial database MySQL part1 tentang bagaimana membuat database pada MySQL, sampai bertemu pada tutorial berikutnya.
Judul: Membuat Database Pada MySQL - Tutorial MySQL #1
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)