Loop Nama Variabel Secara Dinamis Pada PHP

Posted by Seto Elkahfi on Sunday, February 17, 2013

Nama Variabel PHP - Variabel adalah tempat untuk menaruh data sementara dalam bahasa pemrograman komputer. Nama variabel mempunyai aturan-aturan tersendiri dalam setiap bahasa pemrograman yang berbeda. Misalnya dalam PHP, nama variabel haruslah diawali dengan string, dan bersifat case sensitive. Artinya, variabel $a tidak sama dengna variabel $A, begitu seterusnya. Pada postingan kali ini, Materi Informatika akan membahas mengenai membuat variabel secara dinamis menggunakan fungsi loop pada PHP.

Nama Variabel Dinamis Pada PHP

Logo PHP

 

Kasusnya adalah seperti ini: Saya ingin membuat, katakanlah 6 variabel dengan nama $img1, $img2, $img3, $img4, $img5, $img6, secara otomatis menggunakan fungsi loop. Bagaimana mengimplementasikannya? Mari kita bahas mengenai pembuatan variabel pada PHP dengan kasus seperti ini.

Menggunakan loop

Solusinya adalah menggunakan looping, seperti dijelaskan pada kasus di atas. Kode untuk menggenerate variabel-variabel tersebut adalah sebagai berikut:


for($i 1$i <= 6$i++)

{

    echo ${'img' $i} . "<br />\n";


Mengapa Tidak Menggunakan Array[] ?

Namun, menggunakan pendekatan seperti ini rasanya cukup aneh, sebab array terbukti lebih efisien dan lebih cepat dalam segi performa, karena hanya menggunakan satu buah variabel. Solusi di atas, jika diterjemahkan dalam bentuk array akan menjadi seperti berikut ini:

$aImages = array(); 
$aImages[] = '/images/img1.jpg'
$aImages[] = '/images/img2.jpg'
$aImages[] = '/images/img3.jpg'
$aImages[] = '/images/img4.jpg'
$aImages[] = '/images/img5.jpg'

$aImages[] = '/images/img6.jpg'




for ($i 0$i count($aImages); $i++) 

    echo $aImages[$i] . "<br />\n"
// Or foreach ($aImages AS $image
    echo $image "<br />\n"
}


Kelebihan menggunakan array[]

Menggunakan array[] berarti mengefesiensikan penggunaan memory komputer. Efisiensi ini selanjutnya akan berpengaruh pada performa dan kecepatan load dari aplikasi yang kita jalankan.
Menggunakan array juga bisa memudahkan pembacaan kode dan membuat kode terstruktur. Hal ini akan menambah kecepatan pengembangan saat aplikasi berpindah ke developer lain.
Namun juga tidak selalu solusi menggunakan array[] cocok untuk kondisi tertentu. Misal jika kita menggenerate nilai dari database, mungkin pendekatan yang pertama yang lebih efisien.

Menggunakan looping variabel

Saat memutuskan menggunakan loop untuk menggenerate nama variabel, kita harus mengecek apakah nama variabel tersebut sudah diset atau belum.

for ($i 1$i <= 6$i++)
{
    if (isset(${
'img' $i}))
    {
        echo ${
'img' $i};
    }



Demikian tutorial kali ini dari Materi Informatika, semoga bermanfaat.

Judul: Loop Nama Variabel Secara Dinamis Pada PHP
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)