Fungsi RAM - Memahami Fungsi RAM Komputer

Posted by resrsr on Tuesday, September 25, 2012

Memahami Fungsi RAM Komputer - Fungi Random Access Memory atau RAM adalah untuk menyimpan data sementara. Sementara RAM sendiri adalah sebuah komponen dari sistem komputer untuk media penyimpanan data. RAM membaca data dalam bentuk semburan, sementara memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data yang diperlukan processor dengan sangat cepat untuk diolah menjadi informasi. Berdasarkan bagaimana cara data dikelola, chip RAM pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu:
  • Static RAM (Statis) atau SRAM
  • Dynamic RAM (Dinamis) atau DRAM
RAM juga dibedakan dari jenis teknologi apa yang digunakan. Berbagai macam RAM berdasarkan teknologi yang membentuknya adalah sebagai berikut:
  1. SDRAM – Synchronous Dynamic Random-Access Memory
  2.  DDR SDRAM – Double Data Rate Synchronous Dynamic Random-Access-Memory
  3. DDR2 SDRAM – Double Data Rate Type Two Synchronous Dynamic Random-Access Memory
  4. DDR3 SDRAM – Double Data Rate Type Three Synchronous Dynamic Random-Access Memory
  5. DDR4 SDRAM – Double Data Rate Type Four Synchronous Dynamic Random-Access Memory
  6. DRDRAM – Direct Rambus Dynamic Random-Access Memory
  7. PSRAM – Pseudostatic Random-Access Memory
  8. RLDRAM – Reduced-Latency Dynamic Random-Access Memory
  9. EDO DRAM – Extended Data Out Dynamic Random-Access Memory
  10. SGRAM – Synchronous Graphics Random-Access Memory
More aboutFungsi RAM - Memahami Fungsi RAM Komputer

Contoh Program C++ Kasir

Posted by resrsr on Monday, September 24, 2012

Menentukan Potongan Harga Dengan C++ - Membuat program kasir atau penjualan sering dipilih mahasiswa jurusan Informatika untuk tugas akhir ataupun skripsi mereka. Alasan mereka berbeda-beda pastinya. Ada yang memang sejak awal sudah berencana mengambil sejak awal kuliah, ada yang mempertimbangkan kemudahan tempat riset yang banyak tersebar, ada juga yang karena ikut-ikutan :D.
Contoh Program C++ Kasir

Membuat Contoh Program C++ Kasir

Pada kesempatan kali ini, materi-kuliah-informatika akan membahas tentang contoh program C++ sederhana, program C++ kali ini adalah program untuk menentukan potongan harga (diskon) dari suatu harga barang yang diberikan pengguna ke dalam program melalui proses penginputan data. Ketentuanya disini adalah potongan yang diberikan secara default diatur sebanyak 10%. Jika pemakai program hendak mengubah nilai diskon, bisa dilakukan dengan cara mendeklarasikan variabel untuk diskon (potongan harga). Variabel ini nantinya akan digunakan dalam penugasan untuk menentukan potongan harga yang diperoleh.

Listing Contoh Program C++ Kasir


Sebelum menuju ke listing program, sebaiknya kita buat dulu algoritma untuk program yang akan kita rancang. Algoritma dalam metode Pseudocode-nya adalah :

  1. Masukkan(harga_barang)
  2. Diskon <- (harga_barang x 10)/100
  3. Tampilkan(diskon)
Untuk listing programnya bisa dilihat dibawah ini:
/*simpel program kasir
 created by      : katob Al mubarrak
 mail            : katobalmubarrak[at]gmail[dot]com
*/

#include "stdio.h"
#include "conio.h"

int pilMember,pilMenu,pilMakanan,pilMinuman;
int bayar =0,bayar2=0,uangPembeli,kembalian,total;

void makanan(){
	makan:printf("   food             price \n");
		printf("1. gado-gado       :4000   \n");
		printf("2. pecel                :5500 \n");
		printf("3. nasi kuning      :7000 \n");
		printf("4. selesai memilih  \n");
		printf("inputkan pilihan :");
		scanf("%d",&amp;pilMakanan);
	switch(pilMakanan){
		case 1:{
			printf("Makanan Akan segera di antar \n");
			printf("silahkan Menunggu sebentar ^_^");
			bayar+=+4000;
			getch();
			clrscr();
			goto makan;
			}break;
		case 2:{
			printf("Makanan Akan segera di antar \n");
			printf("silahkan Menunggu sebentar ^_^");
			bayar+=+5500;
			getch();
			clrscr();
			goto makan;
			}break;
		case 3:{
			printf("Makanan Akan segera di antar \n");
			printf("silahkan Menunggu sebentar ^_^");
			bayar+=+7000;
			getch();
			clrscr();
			goto makan;
			}break;
		case 4:{
			clrscr();
			break;
			}break;
		default : printf(" pilihan yang anda masukan tidak ada di list menu");
			clrscr();
			goto makan;
	}
}



void minuman(){
	minum:printf("   Drink            price \n");
		printf("1. JusKalong       :2500   \n");
		printf("2. tehKalong       :1500 \n");
		printf("3. kopiKalong      :2000 \n");
		printf("4. selesai memilih  \n");
		printf("inputkan pilihan :");
		scanf("%d",&amp;pilMinuman);
	switch(pilMinuman){
		case 1:{
			printf("Minuman Akan segera di antar \n");
			printf("silahkan Menunggu sebentar ^_^");
			bayar2+=+2500;
			getch();
			clrscr();
			goto minum;
			}break;
		case 2:{
			printf("Minuman Akan segera di antar \n");
			printf("silahkan Menunggu sebentar ^_^");
			bayar2+=+1500;
			getch();
			clrscr();
			goto minum;
			}break;
		case 3:{
			printf("Minuman Akan segera di antar \n");
			printf("silahkan Menunggu sebentar ^_^");
			bayar2+=+2000;
			getch();
			clrscr();
			goto minum;

			}break;
		case 4:{
			clrscr();
			break;
			}break;
		default : 
			printf(" pilihan yang anda masukan tidak ada di list menu");
			clrscr();
			goto minum;
	}
}




void bannerCafe(){
	printf("           Gosh' crew             \n");
	printf("     selamat datang di cafe \n");
	printf("kalongconsole[dot]blogspot[dot]com\n");
	printf("==================================\n");
}

void pembayaran(){
	pembayar:printf("total pembelian Makanan   :");
	printf("Rp.%d,-",bayar);
	printf("\ntotal pembelian Minuman   :");
	printf("Rp.%d,-",bayar2);
	total=bayar+bayar2;
	printf("\nTOTAL ____________________:Rp.%d,- \n",total);
	printf("Jumlah uang Pembeli       :Rp.");
	scanf("%d",&amp;uangPembeli);
	printf("--------------------  \n");
	kembalian=uangPembeli-total;
	printf("kembalian                 :Rp.%d,- \n",kembalian);
	getch();
	clrscr();
}



void main(){
	menu :
		bannerCafe();
		printf("|Menu|\n");
		printf("----\n");
		printf("1. List makanan \n");
		printf("2. List Minuman \n");
		printf("3. bayar  \n");
		printf("masukan pilihan :");
		scanf("%d",&amp;pilMenu);
	switch(pilMenu){
		case 1:{
			clrscr();
			 bannerCafe();
			 makanan();
			 goto menu;
			}break;
		case 2:{
			clrscr();
			 bannerCafe();
			  minuman();
			goto menu;
			}break;
		case 3:{
			clrscr();
			pembayaran();
			goto menu;
			}break;
		 default : printf("pilihan yang anda masukan tidak ada di list menu ");
	}
}

Hasil Contoh Program C++ Kasir

Jika listing dijalankan, hasilnya adalah screenshot dibawah ini:

Hasil Contoh Program C++ Kasir

Demikian postingan kali ini tentang contoh program c++ kasir, semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi ;)
More aboutContoh Program C++ Kasir

jQuery Itu Apa – Memperkenalkan jQuery, A JavaScript Library

Posted by resrsr on Monday, September 3, 2012

Pengertian jQuery, A JavaScript Library – Untuk memahami sepenuhnya tentang jQuery dan pengaplikasiannya dalam pemrograman web modern, sangat penting untuk mengambil momen sejenak untuk melihat kembali dari mana jQuery berasal, apa yang perlu dibangun untuk mengisi, dan bagaimana dan seperti apa bentuk pemrograman dalam JavaScript sebelum  jQuery tiba. Ok, dalam postingan kali ini kita akan belajar tentang library JavaScript dan bagaimana tools ini memenuhi kebutuhan developer, serta mengapa jQuery adalah library pilihan bagi sebagian besar pengembang web. Kita juga akan mempelajari dasar-dasar jQuery, termasuk bagaimana membuat fungsi-fungsi yang tersedia untuk digunakan dalam aplikasi yang akan kita bangun dan bagaimana cara kerja dari core jQuery.

Memilih jQuery dari banyak JavaScript library yang lain

 macam-macam-javascript-libraries (image from onextrapixel.com)

JavaScript memiliki reputasi yang kurang baik dan lebih berat dalam pembuatan aplikasi web. Kurangnya compatibilitas browser yang konsisten, debugging yang sulit (tidak lagi setelah kita tahu cara memakai firebug  ), dan sintaks yang mengintimidasi yang dapat membuat proses belajar JavaScript serasa mustahil. Kalimat terakhir lebih didasarkan pada pengalaman pribadi saat pertama kali melihat source code dari jQuery  .
Agar adil, semua hal yang membuat JavaScript terlihat sulit adalah bagian dari apa yang membuatnya begitu kuat, tetapi yang tidak  membuatnya lagi mengundang seorang pengembang web pemula yang ingin  menambahkan JavaScript untuk gudang nya.

Memahami Struktur jQuery JavaScript Library

Kurva belajar yang curam terkait dengan pemrograman JavaScript telah menjadi tempat yang membuat frustasi untuk para pengembang pemula selama bertahun-tahun, dan sebagai akibat dari frustrasi yang semakin menjadi, beberapa pengembang ambisius mulai membangun JavaScript library, juga sering disebut sebagai JavaScript framework. Perpustakaan ini ditujukan untuk menyederhanakan penggunaan JavaScript, untuk membuatnya lebih mudah diakses baik oleh pengembang yang baru mengenal JavaScript ataupun pengembang yang sudah terbiasa memakai JavaScript sebagai bahasa pemrograman client-side nya. Caranya adalah dengan menciptakan fungsi kontrol yang mudah yang digunakan untuk menghapus beberapa tugas berat dari JavaScript yang sering digunakan sehari-hari . Library ini sangat berguna dalam proses Asynchronous JavaScript and XML (AJAX) karena kompleksitas dalam melakukan tugas yang sama menggunakan pemrograman JavaScript biasa (tanpa library).

Library JavaScript bertujuan untuk menyediakan sintaks yang sederhana untuk tugas-tugas umum, yang berarti meningkatkan kecepatan alur kerja untuk pengembang dan kurva belajar yang tidak menakutkan untuk pemula. Library JavaScript juga menghilangkan kerumitan dalam hal pemrograman lintas-browser menggunakan JavaScript dengan melakukan semua pemeriksaan kompatibilitas browser dalam fungsi built-in, yang merupakan penghematan waktu yang besar ketika membuat aplikasi.
Beberapa librari JavaScript yang paling populer yang banyak digunakan adalah:
Prototipe (http://www.prototypejs.org)
MooTools (http://mootools.net)
Yahoo! UI Library (http://developer.yahoo.com/yui) dan
jQuery yang akan kita pelajari.
Memahami Kelebihan jQuery
Setiap framework JavaScript memiliki kelebihan masing-masing; tidak terkecuali  jQuery. Beberapa kelebihan jQuery menurut website resminya adalah sebagai berikut:
macam - macam kegunaan library jquery,
Ukuran file kecil (sekitar 23KB untuk versi 1.7).
Sintaks sangat sederhana.
Chainable metode.
Arsitektur plug-in yang mudah untuk mengembangkan framework.
Dukungan komunitas online yang besar.
Dokumentasi yang lengkap di http://api.jquery.com
Ekstensi tambahan dari jQuery, seperti jQueryUI.

Memahami Sejarah jQuery

Otak dibalik jQuery – John Resig - pertama kali mengumumkan karyanya di NYC BarCamp pada awal tahun 2006 (lebih lanjut tentang BarCamp, lihat http://barcamp.org). Resig mencatat di situs webnya, ia menciptakan jQuery karena ia tidak puas dengan library yang saat itu tersedia dan merasa bahwa seharusnya framework-framework tersebut bisa jauh lebih baik dengan mengurangi ”syntactic fluff” dan menambahkan kontrol khusus untuk tindakan-tindakan yang bersifat umum (http://ejohn.org/blog/selectors-in-javascript/). jQuery segera menemukan komunitasnya yang mendukung pengembangan script dan dengan cepat mendapatkan momentum. Para pengembang datang untuk membantu menyempurnakan librari ini, dan akhirnya menghasilkan rilis stabil pertama dari jQuery, versi 1.0, pada tanggal 26 Agustus 2006. Sejak itu, jQuery telah berkembang ke versi 1.7.1 (saat tulisan ini dibuat) dan telah mempunyai plug-in yang banyak tersedia dari komunitas pengembang. Sebuah plug-in adalah ekstensi dari jQuery yang bukan bagian dari library inti.

More aboutjQuery Itu Apa – Memperkenalkan jQuery, A JavaScript Library

Baju Kaos ORMIK BSI - Senengnya Mepet, Sukanya Kepepet

Posted by resrsr on Tuesday, August 28, 2012

kaos ormik bsi, baju bsi, kaos bsi, pmb bsi, kaos ormik bsi
Alhamdulillah sudah hampir tiga bulan lebih kami memproduksi kaos ormik bsi dan kaos ormik nusa mandiri.  Banyak suka dan duka tentunya, dari mulai membaca peluang, mencari vendor, mencari tukan sablon yang mau menerima order satuan, dan akhirnya menemukan pola yang cukup baik dalam sistem pemesanan baju untuk ormik ini.

Berawal dari ketiadaanya sablonan yang menerima order dalam skala kecil, saya bersama mas Nano mencoba hnting ke teman-teman sekitar. Ternyata ada yang bersedia membat sampel, 3 pieces kaos ormik nusa mandiri, terimakasih kepada kang Toing :D
kaos ormik bsi, baju bsi, kaos bsi, pmb bsi, kaos ormik bsi

Sinergi Berbagai Pihak

Sebuah perusahaan sukses dibangun oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya, membentuk sebuah organisasi di dalam sistem yang terstruktur secara rapi. Kesuksesan semacam itulah yang akan bertahan lama, yang dibangun berlandaskan kerjasama dan sinergi dari berbagai individu.

Usaha pembuatan kaos ormik bsi dan kaos ormik nusa mandiri ini melibatkan tukang sablon (terimakasih kembali kepada kang Toing :), tukang jait, tukang kirim-kirim (thanks to JNE), tukang administrasi, tukang paking (dua peran tadi oleh sdr Nano Riyadi :toast) dan tukang ngiklan-narsis-ngeblog-seo-dan-tukang-nyeleneh yang diperankan oleh saya sendiri :D
kaos ormik bsi, baju bsi, kaos bsi, pmb bsi, kaos ormik bsi

The Power of Kepepet

Terdesak adalah kata lain dari kepepet, yang terdengar agak resmi. Namun kata kepepet sepertinya malah lebih populer dari kata resminya, yah seperti kata-kata lain dalam bahasa Indonesia. Makna dari kata ini sendiri adalah keadaan yang memaksa, tidak ada pilihan lain, mau gak mau harus mau. Seringnya diungkapkan oleh para pengusaha sukses membuat kutipan 'the power of kepepet' menjadi semakin familiar terdengar.

Dan karena waktu ormik udah mepet, ayo buruan dipesen kaos ormik BSI dan kaos ormik Nusa Mandiri gan :D
More aboutBaju Kaos ORMIK BSI - Senengnya Mepet, Sukanya Kepepet

Tips Menjadi Seorang Programer

Posted by resrsr on Friday, August 17, 2012

Posting pertama sejak lama ga ngurusin blog ini. Kali ini saya pingin sharing tentang tips-tips menjadi programer. Sumber dari kaskus.us, cekidot gan:
  1. Belajar mengenai Logika, Matimatika Diskrit dll. 
  2. Setidaknya menguasai satu subjek. Misalnya, kalkulus. Meskipun kalkulus tidak langsung diperlukan untuk belajar pemrograman tetapi banyak paradigma pemrograman membutuhkan kemampuan matematik. 
  3. Setidaknya pelajari teknik konsepsi program. Ini akan berguna jika kamu sdh maju dalam memprogram. Yaitu:
    • Flow Charting
    • Pseudo-Code
    • Unified Modeling Language
    • Object Relational Mapping
  4. Mempelajari konsep database.
More aboutTips Menjadi Seorang Programer

Contoh Program C ++ Sederhana - Penjumlahan Dua Matriks

Posted by resrsr on Friday, August 3, 2012

Matriks merupakan sebuah cabang matematika yang 'lumayan' untuk dipelajari. Bahkan film yang mengadopsi namanya pun mewarisi sifat yang sama, mbingungi. Nah bagaimana kalau dua matriks bertambah?? Tambah mumet dah :D. Berikut contoh program c plus plus (C++)(cpp) tentang matriks.
C / C Plus Plus

Artikel kali ini saya ingin berbagi tentang contoh program c, khusunya C++. Berikut adalah contoh source code untuk penjumlahan dua matriks memakai bahasa C++.

#include
#include 

void main() {
int i, j; //Definisikan i, j sebagai Index
int n, m; //Definisikan n, m sebagai Ordo
int M1[10][10]; //Definisikan M1 sebagai Matriks 1
int M2[10][10]; //Definisikan M2 sebagai Matriks 2
int M3[10][10]; //Definisikan M3 sebagai Matriks 3 (Hasil)

//Init proses
printf("Masukan jumlah ordo  : ");
scanf("%i,%i", &n, &m);
//Untuk Matriks 1
for(i = 0; i < n; i++) { //Perulangan untuk proses array dimensi 1
   for(j = 0; j < m; j++) { //Perulangan untuk proses array dimensi 2
      printf("Masukan elemen M1[%i,%i] : ", i + 1, j + 1);
      scanf("%i", &M1[i][j]); //Baca inputan untuk tiap elemen array
   }
}
//Untuk Matriks 2
for(i = 0; i < n; i++) { //Perulangan untuk proses array dimensi 1
   for(j = 0; j < m; j++) { //Perulangan untuk proses array dimensi 2
      printf("Masukan elemen M2[%i,%i] : ", i + 1, j + 1);
      scanf("%i", &M2[i][j]); //Baca inputan untuk tiap elemen array
  }
}
//Proses penjumlahan
for(i = 0; i < n; i++) { //Perulangan untuk proses array dimensi 1
   for(j = 0; j < m; j++) { //Perulangan untuk proses array dimensi 2
      M3[i][j] = M1[i][j] + M2[i][j]; //Jumlahkan tiap-tiap elemen
   }
}
printf("Tekan Enter untuk lihat hasil\n");
getch(); //Tahan tampilan
//Tampilkan Hasil
clrscr(); //Bersihkan layar
printf("Hasil penjumlahan 2 matriks adalah : \n");
for(i = 0; i < n; i++) { //Perulangan untuk proses array dimensi 1
   for(j = 0; j < m; j++) { //Perulangan untuk proses array dimensi 2
      printf("Hasil elemen [%i,%i] : %i\n", i + 1, j + 1, M3[i][j]);
   }
}
getch(); //Tahan tampilan
More aboutContoh Program C ++ Sederhana - Penjumlahan Dua Matriks

Contoh Program C++ Sederhana - Perintah printf dan scanf

Posted by resrsr on Tuesday, July 24, 2012

C / C Plus Plus

Berikut adalah contoh program C++ penerapan perintah printf dan scanf. Silahkan dipelajari contoh program c++ sederhana BSI.
#include 
#include 
#include 
int main(void)
{
int var1;
float var2;
char tombol,
char str1[30];
clrscr();
printf("Input keyboard dengan printf\n");
printf("Ketikan nilai var1 = "); scanf("%d", &var1);
printf("Ketikan nilai var2 = "); scanf("%f", &var2);
printf("Ketikan nilai str1 = "); scanf("%s", &str1);
printf("Tekanlah sebuah tombol ...\n\n");
tombol = getch();
printf("Nilai var1 = %d\n", var1);
printf("Nilai var2 = %f\n", var2);
printf("Nilai str1 = %s\n", str1);
printf("Tombol yang kamu tekan %c\n\n", tombol);
cout << "Input dengan cin\n";
cout << "Ketikan nilai var1 = "; cin >> var1;
cout << "Ketikan nilai var2 = "; cin >> var2;
cout << "Ketikan nilai str1 = "; cin >> str1;
cout << "\n\nNilai var1 = " << var1;
cout << "\nNilai var2 = " << var2;
cout << "\nNilai str1 = " << str1 << endl;
getch();
return 0;
}
More aboutContoh Program C++ Sederhana - Perintah printf dan scanf

Editor Vi - Pengeditan, Penghapusan Teks, Menyimpan dan Keluar Editor

Posted by resrsr on Saturday, July 21, 2012

 Untuk pengeditan teks pada editor vi mula-mula kita menggunakan modus instruksi dengan menekan tombol-tombol dibawah ini. Setelah itu akan masuk ke dalam modus edit. Untuk kembali pada modus instruksi kita menggunakan tombol Esc.
a : Menyisipkan kata mulai dari kiri kursor setelah kursor bergeser satu huruf ke kanan.  
A : Menyisipkan kata pada posisi akhir dari baris. 
i : Menyisipkan teks mulai dari kiri kursor.
l : Menyisipkan teks di awal baris.  
o : Membuka satu baris baru dan menyisipkan teks di bawah baris yang sekarang.  
O : Membuka satu baris baru dan menyisipkan teks di atas baris yang sekarang.

Contohnya :
$ vi latih

 
Jika menekan tombol O maka akan membuka baris baru di atas baris lama, seperti gambar di bawah ini.

Penghapusan Teks
Untuk menghapus teks per karakter dapat menggunakan perintah sebagai berikut :
nx: Menghapus n karakter dari posisi kursor.
ndw  : Menghapus sebanyak n kata dari posisi kursor.
nX : Menghapus n karakter dari posisi kata di depan kursor.
Contohnya : $ vi latih


Jika menekan tombol dw maka akan terhapus huruf h yang ditandai oleh kursor, seperti gambar di bawah ini:

Untuk menghapus teks perbaris dapat menggunakan perintah sebagai berikut :
ndd  : Digunakan untuk menyimpan file.
D : Menghapus baris dan membentuk baris baru pada baris yang telah dihapus tadi.  
d0 : Menghapus dari posisi kursor sampai awal baris.
Contohnya :$ vi latih


Arahkan kursor lalu tekan tombol d0 maka akan terhapus semua kata yang ada pada baris pertama kecuali huruf h, seperti gambar di bawah ini.


Menyimpan File Dan Keluar Dari Vi
Untuk menyimpan file dapat digunakan perintah-perintah sebagai berikut :
w : Digunakan untuk menyimpan file.
 w! : Menyimpan file walaupun filenya sudah ada.
wq : Menyimpan file lalu keluar dari vi.  
x : Menyimpan file lalu keluar dari vi.
q! : Keluar dari vi tanpa menyimpan.
More aboutEditor Vi - Pengeditan, Penghapusan Teks, Menyimpan dan Keluar Editor