Couldn't communicate with a helper application - Menggunakan Git di X-Code 7.2

Posted by resrsr on Thursday, April 14, 2016

Couldn't communicate with a helper application - Menggunakan Git di X-Code 7.2

X-Code menurut pendapat saya, adalah IDE yang kurang ngegi-Git. Maksud saya, integrasi IDE resmi dari Apple ini dengan version control khususnya Git sangat terbatas. Pendapat saya ini didasari oleh kompetitor mereka, Android Studio yang lebih baik dalam integrasinya dengan Git.

android studio integrasi dengan git



Pesan Error Saat git init Dan git commit

Pada suatu ketika saat saya menginisiasi project baru di X-Code, pesan error "Couldn't communicate with a helper application" muncul. Tanpa disertai oleh penjelasan error tersebut.

X-Code 7.2 Couldn't communicate with a helper application
 Pesan ini juga muncul saat akan melakukan commit:
X-Code 7.2 saat akan commit
Ternyata, pesan error tersebut muncul karena saya belum membuat pengaturan global di Git untuk user.email dan user.name. Jadi, saat menginisiasi Git pada screenshot di atas, X-Code tidak tau user name dan user.email siapa yang Git gunakan. Pun pada error kedua.
 Bagaimana solusinya?

Membuat user.name dan user.email pada Git

Git membaca config sebuah repository secara cascade: membaca dari config global, lalu membaca config dari user yang sedang aktif dan terakhir membaca config local repository. Untuk kasus saya, karena komputer dipakai bersama-sama, config global dan config user untuk Git tidak ada setting default untuk key user.name dan user.email. Maka saya hanya perlu membuat user.email dan user.name di local repository:

Membuat user.name dan user.email pada Git

Dan masalah selesai:
git log pada X-Code7.2


Judul: Couldn't communicate with a helper application - Menggunakan Git di X-Code 7.2
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)