Rumus CountIf Pada Excel - CountIf Dengan Lebih Dari Satu Kriteria

Posted by Seto Elkahfi on Tuesday, March 12, 2013

Rumus CountIf Pada Excel - Sudah lama sejak postingan terakhir tentang Ms Excel pada blog ini yang berjudul Tutorial Vlookup Excel. Pada postingan kali ini, Materi Informatika akan mengangkat kasus rumus countIf pada Excel. Fungsi CountIf digunakan untuk menghitung kolom dengan kriteria tertentu. Jika dilihat dari terjemahannya adalah "Hitung jika .... ". Perhitungan akan dilakukan jika kondisi yang diuji bernilai benar (TRUE). Baiklah, mari kita bahas Rumus CountIf Pada Excel

Rumus CountIf Pada Excel Dengan Lebih Dari Satu Kriteria

Fungsi Countif yang biasa hanya menggunakan satu kriteria untuk menghitung jumlah cell dengan kriteria yang diinginkan. Tetapi bagaimana jika kita ingin menghitung jumlah cell dengan kriteria yang diinginkan namun lebih dari satu kriteria? Trik formula berikut sepertinya dapat digunakan sebagai salah satu referensi bagi anda.

CountIf Dengan Lebih Dari Satu Kriteria

Bagaimana melakukannya? Berikut langkah-langkah untuk melakukan countIf dengan lebih dari satu kriteria:
1. Langkah pertamanya adalah buat sebuah worksheet sebagai contoh kasus seperti pada gambar dibawah ini:

Rumus CountIf Pada Excel - CountIf Dengan Lebih Dari Satu Kriteria
2. Pada kasus ini yang kita cari adalah jumlah orang dengan gender "Female" dan berusia diatas 10 tahun. Pada kasus lainnya Anda dapat menambahkan lebih dari 2 kriteria.


3. Pada Cell "C13" anda dapat ketikkan formula =SumProduct((B2:B11)="Female"*(C2:C11>10))

4. Cobalah dengan merubah kriteria "Female" menjadi "Male"

Dengan mencoba-coba kemungkinan-kemungkinan lain akan menambah wawasan Anda dalam mengatasi kasus-kasus serupa ini nantinya. Karena Rumus CountIf Pada Excel ini adalah aplikatif, akan berguna jika memang digunakan pada kasus yang nyata.

Kesimpulan

Rumus countif pada Excel sangat powerful untuk menghitung kolom dengan kriteria tertentu. Penggunaanya yang fleksibel dapat disesuaikan dengan kasus yang sedang kita hadapi. Untuk CountIf Dengan Lebih Dari Satu Kriteria memang memerlukan penjelasan dan modifikasi khusu agar dapat berjalan sesuai yang diharapkan.
Demikian tutorial tentang rumus countif pada Excel, semoga bermanfaat. Silahkan mencoba. 
Judul: Rumus CountIf Pada Excel - CountIf Dengan Lebih Dari Satu Kriteria
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)