Contoh KKP BSI - Sistem Pembelian

Posted by Seto Elkahfi on Sunday, March 11, 2012

Banyak ilmuwan memberikan definisi sistem yang berbeda-beda, namun demikian dari berbagai definisi tersebut pada dasarnya mempunyai arti yang sama . Pengertian sistem menurut beberapa ahli diantaranya Gordon B Davis dikatakan sistem dapat bersifat abstrak dan fisik. Sistem abstrak adalah suatu bentuk susunan yang teratur dari gagasan-gagasan atau konsep-konsep yang saling ketergantungan. Sistem fisik adalah serangkaian unsur-unsur yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.

Sedangkan menurut DRS. Komarudin sistem adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan yang berhubungan satu sama lainnya serta prosedur-prosedur yang berkaitan untuk melaksanakan dan memudahkan pelaksanaan kegiatan dari suatu organisasi.
Secara sederhana sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling bergantung satu sama lainnya dan terpadu.
Dari pengertian dan sistem diatas penulis dapat menarik kesimpulan bahwa sistem adalah suatu variabel yang terdiri dari unsur-unsur, komponen-komponen yang saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan yang sama.

2.1.1.     Pengertian Sistem
Pengertian sistem secara umum pada dasarnya adalah sebuah unsur yang sangat erat berhubungan satu dengan yang lainnya yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Terdapat dua kelompok pendekatan didalam mendefinisikan sistem yaitu yang menekankan pada prosedurnya dan yang menekankan pada komponen atau elemennya. Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada prosedur mendefinisikan sistem sebagai berikut :
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
Sistem menurut R.F. Neuschel [Jogiyanto, HM, 1999 hal 1] “Suatu prosedur adalah suatu urutan operasi klerikal atau tulis menulis, biasanya melibatkan beberapa orang didalam satu atau lebih departemen, yang diterapkan untuk menjamin penanganan yang seragam dari transaksi-transaksi bisnis yang terjadi.” Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponennya mendefinisikan sistem sebagai berikut :
Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Sistem menurut Barry E. Cushing [Jogiyanto, HM, 1999 hal 2] “Adalah suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.”
Sedangkan sistem menurut W. Gerald Cole [Zaki Baridwan, 1998] “Sistem suatu kerangka dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan yang disusun sesuai skema yang menyeluruh untuk kegiatan atau fungsi utama dari perusahaan.”

2.1.2.     Karakteristik Sistem
Model umum dari sistem adalah input, proses dan output. Hal ini merupakan konsep sebuah sistem yang sangat sederhana, sebab sebuah sistem dapat mempunyai beberapa masukan dan keluaran. Selain itu juga sebuah sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu yang mencirikan hal tersebut dikatakan sebagai suatu sistem.
Adapun karakteristik sistem yang dimaksud adalah sebagai berikut :
a.   Komponen sistem (Component)
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerjasama membentuk suatu kesatuan. Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen dapat berupa subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen atau subsistem- subsistem. Suatu sistem dapat mempunyai sistem 

Password: dibaca di file .txt yg terlampir :)


Judul: Contoh KKP BSI - Sistem Pembelian
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 2 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)