ANALISA SISTM PEMBELIAN PT. CITRA GRAFIKA PRATAMA JAKARTA

Posted by Seto Elkahfi on Sunday, March 11, 2012

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.   Umum
Perkembangan komputerisasi pada saat ini sudah semakin canggih,hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan-perusahaan yang telah menggunakan berbagai macam aplikasi-aplikasi yang ada pada sistem komputer. Dalam bidang bisnis komputer digunakan untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat misalnya,sistem manajemen merupakan sistem informasi yang di perlukan oleh tingkat manajemen. Salah satu sistem manajemen adalah AIS (Accounting Information System) yaitu sistem akuntansi yang menyediakan informasi baik dari pihak manajemen dan pihak luar yang mempergunakan alat bantu komputer untuk mengelolah suatu data.

Didalam perusahaan, komputer digunakan sebagai sarana yang dapat membantu mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada setiap kegiatan di perusahaan itu sendiri, salah satunya adalah mengatasi dalam kegiatan pembelian barang-barang karena unutk menjalankan usahanya perusahaan terlebih dahulu melakukan kegiatan pembelian sebelum memulai proses produksi yang di lakukan perusahaan tersebut dengan demikian digunakan sistem komputerisasi untuk proses produksi yang lebih efisien dan lebih efektif.
Untuk menilai apakah komputerisasi sistem akuntansi pembelian perusahaan telah dilakukan dengan baik maka perusahaan harus melakukan pengendalian intern terhadap komputerisasi sistem pembelian. Pengendalian intern dilakukan untuk mengawasi dan menilai apakah komputerisasi pembelian yang diterapkan perusahaan telah memadai dan berjalan dengan baik dan dapat mencegah ataupun mengurangi kesalahan-kesalahan atau kecurangan yang terjadi terhadap data-data proses transaksi sampai kepada informasi yang di hasilkan sehingga akan menjamin keakuratan data yang diperoleh. Untuk itu dalam penyusunan kuliah kerja praktek ini penulis akhirnya memberi judul : “ANALISA SISTEM PEMBELIAN BARANG SECARA TUNAI PADA  PT. CITRA GRAFIKA PRATAMA JAKARTA

1.2.   Maksud dan Tujuan
Adapun maksud yang disampaikan oleh penulis dalam penulisan kuliah kerja praktek ini adalah :
a.          Meningkatkan kualitas sistem yang ada pada kegiatan pembelian barang.
b.         Untuk menyediakan informasi yang baik cepat dan tepat waktu sesuai dengan yang dibutuhkan oleh semua pihak.
c.             Mempercepat proses pembelian barang sehingga dapat dilakukan dalam waktu yang seefesien mungkin.
Sedangkan tujuan penulis menyusun kuliah kerja praktek ini adalah sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah semester lima dan salah satu syarat untuk kelanjutan penulisan Tugas Akhir jurusan Komputerisasi Akuntansi  di   Akademi Manajemen Informasi dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI). 

1.3.    Metode Penelitian
Dalam usaha untuk mendapatkan keterangan dan data yang diperoleh untuk menyusun laporan tugas KKP ini,maka penulis melakukan penelitian sebagai berikut:
  1. Metode Observasi
Observasi dilakukan untuk melihat secara langsung jalannya prosedur pengolahan data pembelian yang sedang berjalan,sehingga diketahui kekurangan pada system yang sedang berjalan.
  1. Metode Wawancara
Wawancara ditunjukan langsung ke bagian pembelian agar mendapatkan penjelasaan yang lebih rinci dan akurat.
  1. Studi Pustaka
Studi Pustaka digunakan untuk menunjang landasan teori dalam penulisan tugas KKP ini. Dengan cara mengumpulkan data dari buku-buku yang berhubungan dengan judul dan topik yang akan dibahas dalam penyusunan KKP ini.
1.4.    Ruang Lingkup
Ruang Lingkup dalam penulisan KKP ini dibatasi pada sistem pembelian pada PT.Citra Grafika Pratama dimulai dari proses permintaan pesanan barang, proses penerimaan barang, proses pembayaran barang , proses pencatatan laporan pembelian.



1.5.    Sistematika Penulisan
Dalam sistematika penulisan KKP ini penulis membaginya menjadi beberapa bab diantaranya sebagai berikut :
BAB I           :  PENDAHULUAN
Bab ini berisikan penjelasan umum tentang alasan pemilihan    judul, maksud dan tujuan penulisan, metode peneliian yang digunakan, ruang lingkup dan sistematika penulisan.
BAB II          :  LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang konsep dasar dari system yang dibahas serta         memberikan penjelasan teoritis tentang peralatan ( tools) pendukung perencanaan sistem.
BAB III         :  ALASAN SISTEM BERJALAN
Bab ini berisikan umum, tinjauan perusahaan yang terdiri dari sejarah organisasi dan fungsi organisasi, prosedur sistem akntansi berjalan ,diagram alir data sistem berjalan,
BAB IV        :   PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan akhir dari sistem yang dibahas   serata  saran –saran untuk memperbaiki masalah yang ada.


Judul: ANALISA SISTM PEMBELIAN PT. CITRA GRAFIKA PRATAMA JAKARTA
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)