Posted by resrsr on Tuesday, June 5, 2012


Tugas akhir tugas akhir, akhirnya selesai juga. Yah, saya sudah resmi menjabat sebagai mahasiswa nonaktif di BSI, horeeee. Seperti sudah saya bahas di postingan sebelumnya tentang Tugas Akhir BSi, perasaan saya saat sidang kemarin datar-datar aja tuh :D. Tapi sempet ada masalah sedikit. Gara-gara mungkin judul TA saya yang katanya 'aneh', saya sempet cukup lama tertahan di bagian pendaftaran. Setelah dengan kepala dingin menjelaskan (sebenernya ga dingin2 amat, orang sempet meninggi nada suara saya, ahaha) akhirnya problem tuntas.
Oya, mau ngucapin terimakasih yang tulus buat yang nemenin kemarin, thank you so much :D. Bagi yang baru semester 6, ini ada sebuah referensi Tugas Akhir BSI, gunakan hanya untuk REFERENSI, inget ya :D. Monggoh.....

ABSTRAKSI

Putri Sabrina (12051119), Perancangan Program Data Pasien Rawat Jalan Pada Klinik ”XYZ”.

            Kesehatan merupakan salah satu faktor penting untuk kebutuhan hidup manusia. Seiring dengan semakin meningkatnya pertumbuhan jumlah penduduk, maka kebutuhan akan pelayanan kesehatan masyarakat juga semakin bertambah, terbukti saat ini sudah semakin banyak didirikan pusat-pusat pelayanan kesehatan masyarakat. Dari yang berskala kecil hingga berskala besar. Klinik Kesehatan “XYZ” merupakan salah satu klinik yang memberikan pelayanan kesehatan dengan lebih mengutamakan kepuasan dan kenyamanan pasien dalam pelayanan.

                  Semakin hari perkembangan klinik ini semakin pesat, terlihat dengan semakin banyaknya pertumbuhan jumlah pasien yang datang dari hari ke hari, namun dari itulah mulai muncul permasalahan-permasalahan dalam sistem pengolahan data pasien, yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya seperti keterlambatan pengolahan data, penduplikasian data dan yang lainnya. Seiring dengan pesatnya kemajuan dibidang teknologi informasi, maka kebutuhan dalam mengakses data yang cepat dan tepat sangatlah dibutuhkan, dalam hal ini terutama data pasien, Maka penulis merancang dengan membuat suatu sistem pengolahan data pasien secara komputerisasi. Dengan adanya sistem komputerisasi tentu saja pengolahan datanya bisa lebih efektif dan efesien, sehingga dapat memperkecil kesalahan-kesalahan, dan data yang dihasilkan dapat selalu akurat dan tepat. Untuk merancang sistem ini penulis mengambil ruang lingkup dari proses penginputan data pasien, input data dokter, input data obat, input data transaksi kunjungan dan input data transaksi pembayaran, serta pembutan laporan-laporan. Untuk menunjang rancangan sistem ini, penulis juga menggunakan software Microsoft Visual Basic 6.0. Salah satu keuntungan dari pemakaian Microsoft Visual Basic 6.0 selain memiliki akses data yang lebih cepat, dapat juga membuat aplikasi database yang berkemampuan tinggi.   


Kata Kunci : Perancangan Program, Sistem Pengelolaan Data Pasien Rawat Jalan 



Judul:
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh resrsr

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)