Hak Akses Pada Linux - Ijin Akses File Dan Direktori

Posted by Seto Elkahfi on Friday, June 22, 2012

Setelah postingan sebelumnya bercerita tentang sejarah Linux dan sejarah UNIX, serta sekilas cerita tentang Linus Torvalds, kali ini saya akan bercerita tentang hak dan kewajiban :D. Kidding :P, postingan kali ini akan bercerita tentang hak akses pada linux. Cekibrotttt...
[caption id="attachment_127" align="aligncenter" width="256" caption="tux linux"][/caption]  

Hak akses pada linux menjamin tidak semua orang dapat mengakses system jika tidak diberi wewenang . Sekuritas tingkat awal diimplementasikan dengan penggunaan password oleh setiap pemakai yang akan masuk ke system unix / linux . Selain password, untuk sekuritas tingkat kedua pada system unix / linux menerapkan pada file dan direktori. Hal ini dimaksudkan agar seseorang yang dapat menggunakan system tidak dapat masuk dan memodifikasi file dan direktori kerja user lain. Jenis pemakai atau user dapat dikelompokkan ke dalam 3 jenis yaitu : 

1. Owner / User  
Owner adalah istilah untuk user yang membuat file dan direktori.

2. Group
Group adalah kelompok sejumlah user. Pengelompkkan user ini dikelompokkan berdasarkan keamanan akses aplikasi, berdasarkan departemen dll. 


3. Other
Other adalah semua user di luar group dan pemilik ( user ).
Untuk dapat mengetahui hak akses pada linux pada suatu file ketikkan perintah ls -l : Contohnya :
$ ls -l coba


Hak akses terhadap suatu file / direktori ditentukan oleh tanda r , w , x untuk setiap kelompok pemilik / user , group , dan other. Misalnya pada direktori di atas, hak akses pemilik direktori ini adalah rw , berarti pemilik file ini memiliki akses r ( read )  yaitu boleh melihat dan membaca isi file ini , w ( write ) yaitu boleh memodifikasi isi file ini. Hak akses orang-orang yang berada satu group  dengan root ( Group ) adalah r ( read ) yaitu boleh melihat dan membaca isi file ini. Demikian juga dengan Other haknya adalah r ( read ) boleh melihat dan membaca file ini. Jika jenisnya yang dimaksud adalah direktori , maka hak x ( execute ) berarti seseorang dapat masuk ke direktori itu.
Judul: Hak Akses Pada Linux - Ijin Akses File Dan Direktori
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)