Tipe dan Jenis File Dalam Sebuah RDBMS #part2

Posted by Seto Elkahfi on Saturday, November 26, 2011

Relational Database Management System (RDBMS) adalah sebuah istilah untuk metode perancangan basis data yang memungkinkan setiap tabel berelasi satu sama lain. Banyak software yang dibuat khusu untuk keperluan ini, sebagai contoh MySQL, PostGreSQL, SQL Server, dan yang paling terkenal, ORACLE.
Tipe dan Jenis File Dalam Sebuah RDBMS #part2


Tipe dan Jenis File Dalam Sebuah RDBMS

RDBMS sangat powerfull untuk menghandle data dengan jumlah besar. Karena kestabilannya, dewasa ini semua database administrator menggunakan konsep semacam ini. Dalam hubungan dengan data yang banyak itu, terdapat berbagai macam tipe file. Tipe-tipe file ini dibagi dalam beberapa kriteria.


Tipe file RDBMS berdasarkan jenisnya

A. File Master

Jenis informasi cenderung tetap, tetapi isi informasinya dapat sering berubah, dan selalu diperbarui menggunakan file transaksi. 

1. File Referensi

Data yang tetap dimana pengolahan terhadap data tersebut memerlukan waktu yang lama. Data yang terdapat pada file referensi ini sebagai contoh adalah file Mahasiswa, yang apabila akan diperbaiki (diedit) untuk jangka waktu yang lama, misalnya jika terjadi perbaikan pada pengisian data untuk alamat (jika mahasiswa tersebut pindah alamat rumah) maka isi data pada alamat untuk mahasiswa yang bersangkutan harus diperbaiki. 

2. File Dinamik

Data yang ada dalam file berubah tergantung transaksi,atau berubah secara berkala sebagai hasil dari suatu transaksi. Misalkan saja file mata kuliah yang di dalamnya terdapat informasi tentang seluruh mata kuliah yang terdapat disuatu lembaga pendidikan.Isi dari file mata kuliah dapat  diperbaiki (di-edit) jika kondisi yang ada di masa depan mengharuskan adanya pergantian mata kuliah dengan nama mata kuliah yang baru dan sks yang juga baru, maka perbaikan data untuk isi file mata kuliah mutlak dilakukan. Hal ini yang disebut dengan penyetaraan mata kuliah. 

B. File Input (Transaksi)

Digunakan untuk memperbarui/meng-update file master dengan informasi yang baru. Meng-update dapat berupa penambahan record atau penghapusan record. Berisi data masukan yang berupa data transaksi dimana data-data tersebut akan diolah oleh komputer.


File transaksi akan senantiasa mengalami perubahan sesuai dengan periode waktu tertentu. Macam file transaksi yang ada pada lembaga pendidikan adalah file ujian, file nilai dan file pembayaran kuliah. 

C. File Laporan (File Output)

  • File ini berisi informasi yang akan ditampilkan dalam sebuah laporan. 
  • Isi dari Laporan yang dihasilkan biasanya berasal dari penggabungan file master dan file transaksi, tetapi tidak semua isi dari file-file tersebut ditampilkan, melainkan hanya informasi tertentu saja yang ditampilkan sesuai dengan laporan yang diinginkan.
  • File ini dapat dicetak di kertas, atau hanya ditampilkan saja di layar monitor. 

D. File Pelindung(Backup File)

  • Merupakan salinan(copy)data-data yang masih aktif di database(current database)pada suatu waktu tertentu dapat berupa file master maupun file transaksi. 
  • Adapun isi (informasi) dari file backup ini sama persis dengan file aslinya. Jika ada yang diperbaiki maka hasil perbaikan data tersebut harus dibuatkan kembali backup dari file yang diperbaiki.
  • Frekuensi penggunaannya tergantung pada frekuensi perubahan isi file dan banyaknya rekaman transaksi yang digunakan untuk pembaharuan file. 
  • Digunakan sebagai pelindung atau cadangan apabila file master mengalami kerusakan atau hilang. 

E. File Kerja(Work File)

  • File ini berisi data hasil pemrosesan yang sifatnya sementara (temporary) dalam arti hanya numpang lewat saja. 
  • Datanya berupa record yg disusun sedemikian rupa sehingga dapat dipakai oleh program lain sebagai input.Biasanya file ini dibuat pada waktu proses sortir. 

F. File Pustaka(Library File)

  • File yang berisi program aplikasi, program utilitas dan program bantu yang dapat berfungsi untuk mempercepat dan optimalisasi dari pengolahan data. 
  • Contohnya : file gaji yang mempunyai keterhubungan dengan file pendidikan pegawai (untuk mencari jenjang pendidikan dari seorang karyawan),file absensi(untuk mengetahui data kehadiran pegawai) dan file lembur(untuk mengetahui intensitas kelebihan jam kerja yang dimiliki oleh seorang pegawai). 

G. File History(Riwayat Hidup)

  • File yang berisi data di masa lalu yang dipakai sebagai bahan pengecekan dan pencocokkan kevalidasian data di masa mendatang. 
  • File ini biasanya digunakan untuk periode waktu tertentu(lama), sehingga beberapa informasi harus dikumpulkan pada file riwayat hidup yang akan jarang diproses. 
  • Contoh : informasi tentang pasien yang keluar tidak perlu disimpan pada file yang sekarang ada.Record hanya dipindahkan pada file history sehingga tinggal berisi file pasien yang sedang dirawat atau dijadwalkan akan kembali.Data pasien yang keluar disimpan di file history yang berguna untuk menyusun laopran di kemudian hari.
Demikian tentang jenis file pada RDBMS, artikel ini satu seri dengan artikel lain yang berlabel Database Management System ya :D
Judul: Tipe dan Jenis File Dalam Sebuah RDBMS #part2
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)