Dasar - Dasar Shell Linux

Posted by Seto Elkahfi on Monday, January 30, 2012

Dasar - Dasar Shell Linux - Dunia linux atau keluarga unix jelas sangat berbeda bila dibandingkan dengan system operasi lain seperti Microsoft Windows. Mereka yang terbiasa dengan windows , tentu akan mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan linux.Anda harus mengetahui beberapa istilah yang ada di dalamnya , dan salah satunya adalah Shell. Istilah ini sangat umum diperbincangkan , tapi banyak juga yang belum memahami secara pasti. Padahal shell merupakan tempat konfigurasi dan menjalankan / mengoperasikan linux.

Memahami Dasar - Dasar Shell Linux

Distro linux telah dikembangkan oleh para developer untuk membuat linux semakin cantik. Tujuannya agar linux digemari dan open source semakin memasyarakat. Sayangnya , kecantikan window manager seperti KDE dan Gnome kadang membuat lupa para penggemar linux tentang keberadaan shell. Padahal shell tidak hanya ditujukan untuk para admin , tetapi juga bagi para pengguna linux tanpa kecuali. Kegunaan shell adalah sebagai berikut :
  1. Pemakaian interaktif.
  2. Untuk mengontrol session Linux.
  3. Contohnya : setdir , mail directory , dan starup file
  4. Pemrograman. 
  5. Linux shell menyediakan sekumpulan instruksi khusus yang dapat digunakan untuk membuat program shell script.

Prinsip Kerja Shell Linux 

Ketika  masih menggunakan system operasi DOS , terdapat beberapa kesulitan dalam pengoperasiannya. Hal ini disebabkan oleh begitu banyak command yang harus dihafalkan untuk pengoperasian computer. Sedangkan untuk memberikan perintah , kita harus mengetikkan perintah-perintah yang telah dihafalkan tersebut secara langsung pada DOS prompt. Jika perintahnya benar dan dikenali DOS , maka perintah tersebut akan segera dieksekusi .

Prinsip kerja Shell Linux
Prinsip kerja Shell Linux

Secara sederhana dapat dikatakan bahwa shell juga merupakan program yang membaca input-standar , yaitu keyboard , seperti halnya perintah-perintah pada DOS . Ketika kita mengetikkan sesuatu di keyboard , maka shell akan menafsirkan apa yang kita ketikkan. Sebagai contoh , apabila kita mengetikkan perintah ls pada shell dan ls ternyata merupakan program yang dapat dieksekusi , maka shell akan menjalankan program tersebut.

Contoh Penggunaan Dasar - Dasar Shell Linux

Misalnya : 
$ info date
Ketika tombol enter ditekan dan muncul Informasi tentang tanggal , berarti perintah tersebut dimengerti dan dijalankan oleh shell.
Sebaliknya , jika kita mengetikkan : 
$ assalamu'alaikum 

Bash :assalamu'alaikum :command not found 
Dapat dilihat bahwa shell tidak dapat mengeksekusi karena memang tidak ada perintah tersebut didalamnya. Shell pertama kali dipanggil pada saat user berhasil melogin system linux. Shell yang akan dijalankan oleh system adalah shell seperti yang tertera pada file /etc/passwd. Lebih tepat jika dikatakan bahwa shell menghubungkan user dengan kernel. Kernel merupakaninti dari system operasi. Setiap kali perintah yang diajukan oleh user akan diterima oleh shell, diterjemahkan, kemudian hasilnya dikirim ke kernel . Pada kernel itulah dilakukan operasi sesuai dengan yang diminta oleh user. 
Demikian juga ketika user mengetikkan perintah , maka akan dideteksi apakah itu termasuk perintah internal atau eksternal dari shell linux. Tidak akan terjadi masalah jika perintah tersebut adalah perintah internal . Tetapi jika perintahnya adalah eksternal, maka shell akan mencari file tersebut pada seluruh direktori yang tertera pada search path .
Judul: Dasar - Dasar Shell Linux
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto Elkahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)