Contoh Tugas Akhir BSI

Posted by Seto El Kahfi on Friday, December 30, 2011

Contoh Tugas Akhir BSI - Berikut adalah contoh tugas akhir sebagai referensi teman-teman dalam menyusun tugas yang memang terakhir ini. Tugas Akhir ini mengambil tema tentang zakat, dan menggunakan program Visual Basic. Plagiat itu memalukan, dan berkarya sendiri itu membanggakan, tapi kadang referensi sebuah hal yang mutlak diperlukan :D.

Contoh Tugas Akhir BSI
Ilustrasi Tugas Akhir

Pembahasan Contoh Tugas Akhir BSI

Judul contoh tugas akhir BSI ini saya agak lupa, hehe. Namun sepertinya tugas akhir ini membahas tentang perhitungan zakat dan semacamnya. Untuk lebih jelasnya silahkan langsung didownload dan lihat sendiri judulnya, link download ada di bawah ya. Mari kita lihat isi tugas akhir ini.

Teori Pendukung Tugas Akhir BSI

Teori pendukung termasuk ke dalam bab kedua dalam outline Tugas Akhir BSI. Nah untuk tugas akhir ini, isi dari BAB II adalah sebagai berikut:
BAB IIPEMBAHASAN
2.1.            Teori Pendukung
A.                Konsep Dasar Zakat
Zakat termasuk dalam kategori ibadah yang telah diatur secara rinci dan paten berdasarkan Al Quran Al Karim dan As Sunnah. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman serta mengerjakan kebaikan, menegakkan sholat, dan membayar zakat, mereka itu memperoleh ganjaran di sisi Allah, mereka tiada akan takut dan tiada akan berduka cita “. (Al Baqoroh : 227). “Ambillah sedekah dari sebagian harta mereka, dengan harta itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka … “(At Taubah : 267). “Selama zakat itu masih bercampur dengan kekayaan, hanya akan berakibat kerusakan di dalam kekayaan itu sendiri “. (HR. Imam Ahmad, An Nasa’I, dan Abu Dawud). “Sesungguhnya kesempurnaan islam kalian adalah apabila kalian menunaikan zakat bagi harta kalian  “.(HR. Al Bazzar)
Tabel II.1. Perhitungan Zakat
No
Jenis Harta
Nishob
Kadar Zakat
1
Bonus Hadiah
-
20 %
2
Emas
85 gram Emas dalam setahun
2,5 %
3
Fitrah
Wajib setiap tahun
2,5 Kg
4
Harta Simpanan
85 gram Emas dalam setahun
2,5 %
5
Perdagangan
85 gram Emas dalam setahun
2,5 %
6
Pertanian Air Hujan
1000 Liter Hasil Panen
10 %
7
Pertanian Irigasi
1000 Liter Hasil Panen
5 %
8
Perak
653 gram Perak dalam setahun
2,5 %
9
Profesi
85 gram Emas dalam setahun
2,5 %

Konsep Dasar Program Tugas Akhir BSI

Sepertinya pemilihan kata untuk bab yang merupakan outline ketentuan dari pihak BSI hampir sama semua. Berikut adalah bagian konsep dasar program masih pada BAB II tugas akhir BSI.
B.                 Konsep Dasar Program
Program menurut Yulikus Partono [1998, hal.2] adalah: “sederetan instruksi atau statemen yang teratur dan memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam bahasa yang dimengerti oleh komputer yang bersangkutan”. Instruksi tersebut berfungsi untuk mengatur pekerjaan apa saja yang akan dilakukan oleh komputer agar mendapatkan atau menghasilakn suatu hasil atau keluaran (output) yang diharapkan. Di dalam perancangan program komputer kita memerlukan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau yang dikenal sebagai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ini merupakan sarana yang menjembatani antara pemakai komputer (user) dengan komputer itu sendiri.
Bahasa komputer merupakan sarana komunikasi yang menjembatani antara komputer dan manusia.  Secara garis besar, bahasa pemprograman terbagi atas tiga tingkatan yaitu bahasa pemprograman tingkat rendah (Low Level Language), bahasa pemprograman tingkat menengah (Middle Level Language)  dan bahasa pemprograman tingkat tinggi (High Level Language) yang dibagi menjadi dua, yaitu Problem Oriented Language dan Procedure Oriented Language yang terdiri dari scientific dan bussines.  Alasan utama mengapa kita belajar pemprograman komputer adalah untuk memanfaatkan komputer sebagai alat bantu untuk menyelesaikan masalah.  Ada lima langkah yang dapat dilakukan oleh seorang pembuat program (programmer) dalam proses pemecahan masalah dengan mengggunakan program komputer, yaitu sebagai berikut:1.                  Menganalisis dan memahami persoalan yang ada, kemudian mengembangkan suatu urutan proses logika untuk menyelesaikan masalah tersebut diatas dalam bentuk algoritma.
2.                  Menentukan bentuk data yang diperlukan, sebagai input dalam program yang akan dibuat.
3.                  Pengkodean dari algoritma yang sudah dibuat, diterjemahkan ke dalam bentuk statemen-statemen yang sesuai dan terdapat dalam bahasa pemrograman yang telah digunakan.
4.                  Melakukan tes program dari logika yang telah dibuat, apakah program tersebut sudah benar dan bebas dari unsur kesalahan atau masih harus direvisi atau diperbaiki kembali.
5.                  Melakukan pendokumentasian program sebagai cadangan (back up). Proses ini penting untuk dilakukan, untuk usaha pengembangan program selanjutnya.
1.      Sejarah Visual Basic
Sejarah Visual Basic diawali dari pengembangan bahasa basic (Beginners All Purpose Symbolic Introction Code) di Dartmouth College Amerika Serikat pada awal tahun 1960-an. Semua basic memang dirancang untuk mudah di pelajari, begitu sederhana hingga nyaris semua pakar pemrograman komputer menggunakan basic sebagai bahasa pemrograman pertamanya. Pada tahun 1975 muncul Personal Computer (PC) pertama dengan merk Mits Altair, namun karena memiliki RAM 4 KB, satu-satunya bahasa pemrograman yang bisa digunakan adalah Assembly  yang sangat rumit digunakan. Tentunya saja hal ini sangat menghambat perkembangan komputer pribadi.
Pada tahun 1982 IBM/PC di perkenalkan pada masyarakat, Microsoft pun membuat OS MS DOS untuk komputer ini, di dalamnya disertakan pula bahasa basic yang dikenal sebagai Quick Basic (Q Basic). Zaman pun berganti  tahun 1990-an era DOS berlalu diganti Windows, tampilan grafis windows yang sangat bagus dan lebih interaktif mengubah pekerjaan yang memusingkan menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan. Microsoft pun akhirnya membuat  Basic versi Windows. Dengan versi terakhirnya adalah MS Visual Basic 6.0 yang diluncurkan tahun 2000. Jenis aplikasi yang dapat dibuat dengan menggunakan Visual Basic adalah :
a.                   Aplikasi Database terbaru dengan format yang paling popular dapat dibuat dengan pemanfaatan fasilitas Data Access.
b.                  Active X Document, yaitu aplikasi yang digunakan dalam dunia internet, dimana pemakainya hanya bisa menggunakan Browser Internet.
c.                   Active X control yang digunakan dalam dunia pengembangan software.
d.                  Aplikasi umum seperti permainan, animasi dll.
2.      Beberapa Komponen dasar Microsoft Visual Basic
a.    Menu
Menu Visual Basic berisi semua perintah Visual Basic yang dapat anda pilih untuk melakukan tugas tertentu. Untuk memilih menu, caranya juga sama dengan program windows lainnya.
b.    Toolbar
Toolbar adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic.
c.    Form Window
Form Window atau jendela form adalah daerah kerja utama dimana kita akan membuat program-program aplikasi Visual Basic. Pada form ini kita meletakan berbagai macam objek interaktif seperti misalnya teks, gambar, tombol-tombol printer, scrollbar dan sebagainya.
d.    Toolbox
Toolbox adalah sebuah kotak piranti yang mengandung semua objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membentuk suatu program aplikasi. Kontrol adalah suatu objek yang akan menjadi interface (penghubung) antara program aplikasi dengan user dan kesemuanya harus diletakan didalan jendela form yang ada diatas.
e.    Project Explorer
Project Explorer adalah jendela yang mengandung semua file didalam aplikasi Visual Basic. Setiap aplikasi dalam Visual Basic disebut dengan istilah Project dan setiap project bisa mengandung lebih dari satu file. Pada Project Explorer ditampilkan semua file yang terdapat pada aplikasi (project) kita misalnya  form, modul, class dan sebagainya.
f.       Properties Window
Properties Window adalah jendela yang mengandung semua informasi mengenai objek yang terdapat pada aplikasi Visual Basic. Properti adalah sifat dari suatu objek seperti namanya, warna, ukuran, posisi dan sebagainya.
g.     Code Window
Code Window adalah salah satu jendela yang paling penting dalam Visual Basic. Jendela ini berisi kode-kode program yang merupakan instruksi-instruksi untuk aplikasi Visual Basic. Setiap objek pada saat ditambahi kode-kode program untuk melakukan tugas-tugas tertentu, misalnya menutup aplikasi, membatalkan perintah dan sebagainya.
h.         Form Layout WindowForm Layout window adalah jendela yang menggambarkan posisi dari form yang ditampilkan pada layar monitor. ..... 
Untuk pembahasan bab-bab selanjutnya silahkan disimak sendiri. Berikut link download tugas akhir   bsi untuk dipelajari dan dijadikan referensi. Jangan diplagiat membabi buta ya, tugas akhir itu menyenangkan kok :D, semoga bermanfaat.


Judul: Contoh Tugas Akhir BSI
Rating: 100% based on 9998 ratings. 9 user reviews.
Ditulis Oleh Seto El Kahfi

Terimakasih atas kunjungan beserta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan Saran dapat Anda sampaikan melalui Kotak komentar dibawah ini.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar :)